Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis Indonesia langsung menggelar latihan lanjutan setelah tiba di Perancis untuk menyambut Perancis Open 2024.

Rombongan atlet bulu tangkis Indonesia tiba di Kota Chambly, Perancis, pada Kamis, 29 Februari 2024, siang waktu setempat. Sore harinya mereka langsung menggelar latihan menambah persiapan.

"Kami usai (melakukan) perjalanan panjang. Total, dengan transit kurang lebih 20 jam, pasti kondisi badan kaku dan pegal," ujar pelatih fisik Yansen Alpine.

Mengingat kondisi fisik terkuras selama perjalanan, tim bulu tangkis Indonesia tetap menggelar latihan ringan pada sore harinya. Tujuannya untuk mengembalikan otot-otot yang kaku dan menghindari jetlag.

Tadinya latihan mau digelar di lapangan terbuka yang terletak di Chateau de Maffliers, tempat kamp latihan. Namun, pada saat sesi joging, gerimis turun sehingga latihan pun dipindah ke dalam ruangan.

"Latihan ini fokus kepada pengondisian. Jadi, besok saat mulai masuk program latihan dalam rangka persiapan ke turnamen, kondisinya sudah lebih baik," kata Yansen.

"Selain itu, latihan ringan dipilih sebagai pengisi kegiatan untuk mengurangi efek jetlag yang melanda. Efek ini harus segera dihilangkan. Lalu, jam tidur harus disesuaikan dengan jam di sini yang berbeda enam jam dari Jakarta agar tidak mengganggu hari-hari ke depan," tuturnya.

Dalam latihan ini, atlet-atlet diberi menu latihan yang ringan seperti joging dan gerakan multilateral. Waktunya pun kurang dari satu jam.

Atlet spesialis ganda putra, Fajar Alfian, mengungkapkan ia dan teman-temannya langsung menjalani latihan agar bisa memulihkan kondisi fisik mereka menjelang turnamen.

"Setelah berdiskusi dengan pelatih, kami sepakat untuk langsung melakukan latihan. Kalau diam saja di kamar, pasti mengantuk dan itu harus dipaksa tidak tidur. Tidurnya nanti pada malam hari sebagai penyesuaian jam," kata Fajar.

Perancis Open 2024 akan berlangsung dari 5-10 Maret 2024. Ini adalah turnamen berlevel Super 750 BWF yang bisa menjadi kesempatan buat atlet mengumpulkan poin kualifikasi Olimpiade Paris 2024.