Jon Dahl Tomasson Ditunjuk sebagai Pelatih Tim Nasional Swedia
Jon Dahl Tomasson, telah ditunjuk sebagai manajer Swedia.

Bagikan:

JAKARTA - Mantan penyerang Denmark, Jon Dahl Tomasson, telah ditunjuk sebagai manajer Swedia. Berita ini diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Swedia pada Senin, 26 Februari, menjadikannya pelatih asing pertama yang pernah dimiliki oleh negara tersebut.

Tomasson, yang baru-baru ini mengundurkan diri sebagai manajer klub divisi kedua Inggris, Blackburn Rovers, telah menandatangani kontrak yang berlangsung hingga kampanye kualifikasi Piala Dunia 2026, yang akan diperpanjang secara otomatis jika berhasil lolos ke babak selanjutnya.

"Saya sangat bersemangat untuk memulai tugas besar ini dan bertemu dengan pendukung, pemain, dan tentu saja media di Swedia. Dan untuk bisa berpikir, berbicara, dan bermimpi dalam biru dan kuning," kata Tomasson kini yang berusia 47 tahun.

Tomasson telah melakukan 112 penampilan untuk Denmark dan mengambil alih dari Janne Andersson yang meninggalkan peran tersebut setelah Swedia gagal lolos ke Euro 2024 ketika mereka finis di posisi ketiga di babak grup di belakang Belgia dan Austria.