Bagikan:

JAKARTA - Chelsea FC dan Blackburn Rovers akan bersua di babak 16 besar Piala Liga Inggris 2023/2024. Duel ini diprediksi sengit dengan status Chelse sebagai tuan rumah yang merupakan tim dari kasata Liga Primer dan lawannya adalah tim dari Divisi Championship.

Jelang laga di Stadion Stamford Bridge pada Kamis, 2 November 2023 pukul 02.45 WIB The Blues baru saja tumbang 0-2 dari Brentford di Liga Inggris 2023/2024. Namun Chelsea bertekad bangkit saat menghadapi Blackburn Rovers di Carabao Cup. 

Peluang The Blues untuk menang cukup terbuka karena performa The Rovers masih belum menjanjikan. Tampil di Divisi Championship 2023/2024, Blackburn Rovers sudah menderita 7 kekalahan dari 14 laga yang dijalani. 

Pada laga terakhir yang dijalani Blackburn tumbang dari Swansea City dengan skor 0-1. Ini jelas bukan modal apik untuk menantang Chelsea, yang jelas unggul kualitas skuad dan pelatih. 

Di atas kertas, Chelsea yang akan tampil di hadapan pendukung sendiri memang lebih diunggulkan. Namun, dalam laga bersifat turnamen single leg ini, The Rovers bisa saja menciptakan kejutan.

Apalagai pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino, punya ambisi lebih dalam laga ini. Ia menggapanya penting setelah hasil kurang baik di kompetisi liga. 

 Pochettino secara historis tidak mementingkan ajang Carabao Cup ketika melatih Southampton dan Tottenham Hotspur. Tetapi kini pelatih asal Argentina itu menegaskan pentingnya berjuang keras dalam kompetisi tersebut mengingat Chelsea berada dalam kondisi yang tidak ideal.

“Sejak awal musim saya sudah mengatakan ini, kompetisi seperti Carabao Cup atau Piala FA sangat penting bagi kami. Kami akan berusaha menurunkan susunan pemain sebaik mungkin. Beberapa pemain perlu waktu rehat setelah tampil pada laga sebelumnya dan kami tidak ingin mengambil risiko. Tetapi secara umum kami akan berusaha menurunkan susunan tim terbaik," ujarnya. .

“Semua pemain harus siap untuk pertandingan ini, dan kemudian kami akan menentukan susunan pemain. Kami akan menghadapi kompetisi ini dengan serius karena kami ingin mencapai tahap yang jauh. Kompetisi ini penting untuk membangun momentum sebelum pertandingan vs Tottenham Hotspur dan Manchester City,” ucap  Pochettino dalam konferensi pers jelang laga vs Blackburn Rovers.

Catatan Chelsea di laga kandang dalam konteks Piala Liga memang lebih baik. Itu karena The Blues mampu memetik 2 kemenangan saat melawan AFC Wimbledon dan Brighton. 

Kendati begitu  Pochettino, tetap memilih berhati-hati menatap laga mendatang. Ia yakin performa anak asuhnya membaik asalkan mampu disiplin walau ada banyak hal yang harus diperbaiki timnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Chelsea (4-2-3-1): Robert Sánchez; Axel Disasi, Thiago Silva, Levi Colwill, Marc Cucurella; Conor Gallagher, Moisés Caicedo; Ian Maatsen, Cole Palmer, Raheem Sterling; Nicolas Jackson. Pelatih: Mauricio Pochettino.

Blackburn Rovers (4-1-4-1): Leopold Wahlstedt; James Hill, Hayden Carter, Scott Wharton, Harry Pickering; Sondre Tronstad; Callum Brittain, Joe Rankin-Costello, Sammie Szmodics, Arnór Sigurðsson; Tyrhys Dolan. Pelatih: Jon Dahl Tomasson.