Guardiola Minta Maaf kepada Kalvin Phillips atas Komentar Kelebihan Berat Badan
Pep Guardiola dan gelandang Manchester City Kalvin Phillips (dok. Sky Sports).

Bagikan:

JAKARTA - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, telah meminta maaf kepada Kalvin Phillips karena mengatakan secara terbuka bahwa dia telah kembali dari Piala Dunia 2022 dengan kelebihan berat badan.

Guardiola melontarkan komentar tersebut dalam konferensi pers pada Desember 2022 setelah mencoret sang gelandang dari pertandingan putaran keempat Piala Carabao melawan Liverpool.

Pernyataan Guardiola itu mencuat lagi saat Phillips, yang bergabung West Ham dengan status pinjaman pada Januari 2024, menyinggungnya pada awal bulan ini.

"Setelah Piala Dunia (2022) mungkin adalah saat yang paling sulit, ketika Pep keluar dan mengatakan saya kelebihan berat badan."

"Saya tidak tidak setuju dengannya, tetapi jelas saya mendapat pukulan besar kepada kepercayaan diri saya dan perasaan saya di City," kata Phillips kepada The Observer.

Guardiola pun langsung menanggapi pernyataan Phillips pada Senin, 19 Februari 2024, dalam sesi konferensi pers. Dia menyesal mengumumkan berat badan Phillips kepada publik.

"Ya, saya minta maaf. Sekali dalam delapan tahun tidaklah buruk. Namun, saya sangat menyesal. Saya minta maaf kepadanya. Saya minta maaf. Saya minta maaf," ujar Guardiola.

Meski demikian, Guardiola sempat membela diri. Dia menekankan bahwa komentar tentang berat badan Phillips sudah dibicarakan lebih dulu dengan sang pemain sebelum melemparnya ke publik.

Eks Manajer Barcelona itu juga menyebut bahwa dirinya tidak memberi tahu pemain lain soal hal tersebut.

"Saya tidak pernah, tidak pernah sebelumnya. Saya mengatakan sesuatu di sini tidak berbicara dengan para pemain dalam kasus itu," kata Guardiola lagi.