Bagikan:

JAKARTA – Petenis nomor satu dunia asal Polandia Iga Swiatek akan menghadapi petenis Kazakhstan Elena Rybakina di final tunggal putri Qatar Open 2024.

Swiatek yang memenangkan gelar di ajang ini pada tahun 2022 dan 2023 melaju ke final karena lawannya di semifinal Karolina Pliskova memutuskan untuk mundur karena cedera punggung.

"Maaf untuk turnamen yang harus saya tinggalkan, tapi sayangnya saya menjalani terlalu banyak pertandingan dalam beberapa hari terakhir, dan tubuh saya tidak bereaksi dengan baik, terutama setelah semalam menjalani pertandingan yang sulit melawan Naomi," kata Pliskova, dikutip BBC Sport.

Perjalanan ke final otomatis membuka peluang Swiatek untuk memenangi gelar WTA pada turnamen yang sama tiga tahun beruntun sejak Serena Williams mengangkat gelar Miami Open pada 2013, 2014, dan 2015.

Peluang tersebut sangat terbuka, terutama Swiatek yang berusia 22 tahun tercatat telah memenangi 11 pertandingan terakhirnya di Doha.

"Saya senang bisa berada di final lainnya di sini di Doha, tapi saya berharap kami bisa bermain malam ini dan menghibur kalian [penonton]. Semoga segera sembuh Pliskova," tulis Swiatek di media sosialnya.

Rybakina, juara Wimbledon 2022, melangkah ke final Qatar Open tahun ini setelah mengalahkan Anastasia Pavlyuchenkova 6-2 dan 6-4. Ini adalah final ketiganya pada tahun 2024.

Pemain peringkat empat dunia itu tercatat telah memenangkan 15 dari 17 pertandingan yang ia mainkan pada tahun 2024. Selain itu, ia juga merebut gelar di Brisbane dan Abu Dhabi.

Dia memiliki rekor menang-kalah 3-1 dari pertemuan sebelumnya dengan Swiatek. Kemenangan terbaru terjadi setelah petenis Polandia itu mundur pada set ketiga tahun lalu di Roma.