Raih Kemenangan Besar di Liga Europa, Qarabag Kejutkan Braga
Pemain Qarabag merayakan kemenangan atas Braga di play-off pertama Liga Europa. (X/@EuropaLeague)

Bagikan:

JAKARTA - Kejutan di play-off pertama Liga Europa. Tim yang kurang dikenal Qarabag secara mengejutkan mengalahkan Braga 4-2 dalam duel di Stadion Municipal de Braga, Jumat, 16 Februari 2024 dini hari WIB.

Braga yang tampil di kandang sendiri gagal menunjukkan performa maksimal. Bahkan Braga sudah tertinggal lebih dulu lewat titik penalti.

Meski sempat menyamakan skor, namun Qarabag malah kemudian menambah tiga gol lagi. Kemenangan ini menjadikan Qarabag berpeluang lolos ke 16 besar Liga Europa.

Pasalnya, pimpinan klasemen Liga Premier Azerbaijan ini hanya butuh hasil imbang pada laga kedua yang digelar di kandang sendiri, 23 Februari 2024 dini hari WIB.

Sebaliknya, Braga harus bisa mengejar defisit gol saat bermain di kandang lawan. Jelas ini bukan pekerjaan gampang karena saat bermain di kandang sendiri mereka menelan kekalahan dengan skor cukup mencolok.

Di laga itu, Braga sudah ketinggalan lebih dulu lewat gol penalti Marko Jankovic di menit 21. Penalti diberikan karena bek Victor Gomez melakukan pelanggaran terhadap Elvin Jafarguliyev.

Tuan rumah memang sempat bangkit. Pemain sayap Simon Banza berhasil mencetak gol ke gawang yang kosong sekaligus mengubah skor menjadi 1-1. Skor itu bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Braga berharap tampil lebih baik. Mereka pun menekan pertahanan Qarabag. Namun yang terjadi justru sebaliknya.

Tim tamu berhasil kembali unggul setelah Abdellah Zoubir mencetak gol di menit 54. Gol berawal dari tendangan bebas yang berubah arah dan kemudian dituntaskan ole Zoubir,

Unggul 2-1, Qarabag kian tak terbendung. Striker Juninho sukses memantapkan keunggulan Qarabag di menit 65.

Semula gol dinyatakan tidak sah karena Juninho dinilai offside. Namun setelah ditinjau lewat VAR ternyata tidak ada pelanggaran sehingga gol Juninho tetap sah.

Braga kian sulit mengejar ketinggalan. Apalagi, hanya berselang empat menit, Qarabag mencetak gol keempat. Kali ini Zoubir mencetak brace setelah menyambut assist Tural Bayramov.

Tuan rumah akhirnya bisa menambah gol setelah pemain veteran Joao Moutinho mencetak gol dari titik penalti di injury time.

Braga mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran bek Qarabag Matheus Silva terhadap Roger Fernandes.

Moutinho sukses menuntaskan penalti yang mengubah skor menjadi 4-2 untuk Qarabag. Sampai akhir laga skor tak berubah dan Qarabag memenangkan pertandingan penting ini.