Manchester City vs Everton: Kesempatan ke Puncak
Manchester City diunggulkan menang lawan Everton sekaligus merebut puncak klasemen Premier League Inggris. (X/@ManCity)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester City diprediksi tak menemui kesulitan meraih tiga poin saat menjamu Everton yang berada di zona degradasi. Situasi itu menjadikan Man City diunggulkan menang sekaligus memberi kesempatan ke puncak dalam duel Liga Inggris 2023/2024 di Stadion Etihad, Sabtu, 10 Februari 2024, malam WIB.

Man City hanya menunggu waktu kapan merebut takhta klasemen yang dikuasai Liverpool. Pasalnya, Man City yang menduduki peringkat kedua dengan 49 poin, hanya terpaut dua dari Liverpool.

Namun, Man City masih menyimpan satu pertandingan. Bila laga tunda itu dimenangi maka Man City sudah pasti bertengger di puncak klasemen.

Hanya saja, The Citizens tak perlu menunggu menyelesaikan laga tunda. Mereka berpeluang merebut posisi itu saat menjamu Everton. Kemenangan di laga itu sudah pasti membawa Man City ke puncak selama beberapa jam.

Tak lama kemudian, Liverpool baru bertanding melawan Burnley. Bila menang atau seri, Liverpool sudah kembali ke posisi teratas. Jika kedua tim memiliki poin sama, The Reds tetap bisa menggeser Man City karena unggul selisih gol.

Tak heran, Man City membidik kemenangan ke-10 di berbagai ajang. Sementara di liga, mereka tercatat menang 11 kali dan dua kali imbang dari 13 pertandingan.

Sebaliknya, Everton sudah lama tak pernah menang di kandang Man City. Klub asal Merseyside ini terakhir kali meraih kemenangan pada 2017. Tak hanya itu, The Toffees punya rekor buruk dengan hanya sekali menang dari 10 laga di berbagai ajang.

Akibatnya, Everton berada di zona degradasi. Apalagi, sebelumnya mereka dikenai sanksi pengurangan 10 poin karena pelanggaran aturan finansial.

Meski demikian, Manajer Pep Guardiola tak meremehkan lawan. Menurut dia Everton selalu menyulitkan Man City saat bermain di Etihad. Musim lalu, mereka memaksakan hasil imbang 1-1.

"Everton selalu bisa meraih poin di sini. Mereka memang tim yang bagus. Jadi, kami harus siap. Saya berharap laga berjalan sesuai harapan meski di musim lalu kami gagal menang," ucapnya.

Kembalinya striker Erling Haaland dan gelandang Kevin De Bruyne menjadikan skuat juara bertahan kian komplet. Haaland pun kembali menjadi ujung tombak. Bernardo Silva, Julian Alvarez, dan Phil Foden akan bahu-membahu dengan De Bruyne.

Sementara itu, Everton mengandalkan striker Dominic Calvert-Lewin yang ditopang Jack Harrison dan Dwight McNeil. Manajer Sean Dyche berharap kiper Jordan Pickford bisa menunjukkan performa terbaik untuk menahan serangan Man City.

Dia akan didukung Jarrad Branthwaite, James Tarkowski, Vitalii Mykolenko, dan Nathan Patterson. Laga terakhir saat mengimbangi Tottenham Hotspur 2-2 menjadi modal berharga Everton.

Prakiraan Susunan Pemain

Manchester City (4-1-4-1): Ederson; Walker, Dias, Ake, Gvardiol; Rodri; Bernardo, De Bruyne, Alvarez, Foden; Haaland

Everton (4-5-1):Pickford; Patterson, Tarkowski, Branthwaite, Mykolenko; Harrison, Garner, Gueye, Onana, McNeil; Calvert-Lewin