Dortmund Hancurkan Freiburg, Pelatih Edin Terzic: Penampilan Terbaik di Tahun 2024
Penyerang Donyell Malen mencetak brace yang membawa Borussia Dortmund menang 3-0 atas Freiburg. (X/@BVB)

Bagikan:

JAKARTA - Borussia Dortmund menunjukkan penampilan terbaik saat menghancurkan Freiburg 3-0 di pertandingan Bundesliga Jerman di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Sabtu, 10 Februari 2024 dini hari WIB. Pelatih Edin Terzic menyebut penampilan tim asuhannya yang terbaik di tahun 2024.

Penyerang Donyell Malen sukses mencetak brace yang langsung membungkam Freiburg. Bahkan tim tamu tak mendapat kesempatan mengembangkan permainan di laga tersebut.

Mereka pun tak bisa membobol gawang Dortmund sehingga tetap clean sheet selama empat dari lima laga terakhir.

Kemenangan itu menjadikan persaingan di empat besar kian panas. Dortmund yang menduduki peringkat empat menyamai poin VfB Stuttgart menjadi 40. Hanya, Dortmund masih kalah selisih gol sehingga belum bisa menggeser Stuttgart yang menempati peringat tiga.

Namun Dortmund dan Stuttgart sudah tertinggal 12 poin dengan pimpinan klasemen Bayer Leverkusen.

Perebutan titel liga tampaknya menyisakan dua tim, Leverkusen dan Bayern Munchen yang memiliki poin 50. Laga besar kedua tim di BayArena, Minggu, 11 Februari 2024 dini hari WIB bisa menjadi penentu juara liga.

Bila Dortmund bertahan di empat besar, sebaliknya Freiburg tertahan di papan tengah. Mereka menempati peringkat tujuh dengan poin 28.

Freiburg terancam turun peringkat karena hanya unggul dua poin dari tim-tim di bawahnya seperti Hoffenheim dan Werder Bremen.

Di pertandingan itu, Malen menjadi bintang kemenangan Dortmund. Penyerang tim nasional Belanda ini sudah mengancam gawang lawan di menit-menit awal pertandingan lewat tendangan salto atau bycicle kick.

Dirinya tak butuh waktu lama untuk membawa Die Borussien unggul saat membobol gawang Freiburg di menit 16. Gol itu tercipta lewat kerjasama dengan Niclas Fuellkrug.

Menerima bola dari tandemnya, Malen sempat menunjukkan aksi individu melewati tiga bek Freiburg sebelu melepaskan tendangan ke gawang.

Hanya, tuan rumah harus menunggu sampai menjelang akhir babak pertama untuk memperbesar keunggulan. Malen mencetak gol keduanya di menit 45+7.

Lagi-lagi, Fuellkrug yang memberi assist yang dituntaskan dengan baik oleh penyerang berusia 25 ini. Malen pun sudah mengemas sembilan gol di musim ini.

Kolaborasi Malen dan Fuellkrug memang membuat pertahanan Freiburg berantakan. Terbukti, Fuellkrug yang kemudian membobol gawang lawan di menit 87. Sundulan dia gagal diselamatkan kiper Noah Atubolu. Skor brubah menjadi 3-0 dan bertahan sampai akhir laga.

Kemenangan mengesankan Dortmund membuat pelatih Edin Terzic merasa puas. Menurut dia ini penampilan terbaik tim sepanjang tahun 2024.

"Saya menilai ini penampilan terbaik kami di tahun 2024. Kami mengontrol pertandingan sejak awal. Hanya tidak mudah memang menjaga irama permainan di babak pertama, terutama dengan adanya interupsi pertandangan yang cukup lama," kata Terzic.

"Kami memaksa Freiburg lebih banyak bertahan. Kami juga fokus saat bertahan, terutama menghadapi set piece. Yang jelas, kami bermain dengan disiplin tinggi dan matang. Sayangnya, kami tidak segera mencetak gol ketiga," ucapnya.

Sementara, Malen tak segan memuji tandemnya, Füllkrug , yang membuat dia mencetak brace. Menurut Malen, mereka memang saling membantu agar bisa mencetak gol.

"Kami bermain bagus sejak awal pertandingan. Kami juga mencetak gol pada momen yang tepat. Saya dan Fullkrug memang saling mendukung satu sama lain. Dia memang punya kualitas," kata Malen.

Di laga selanjutnya, Dortmund bertemu Wolfsburg sebelum melakoni babak 16 besar Liga Champions. Mereka menghadapi PSV Endhoven, Rabu, 21 Februari 2024 dini hari WIB. Di laga pertama, Dortmund menyambangi markas tim Eredivisie Belanda ini.