Jendela Transfer Musim Dingin Serie A 2023-24: Napoli dan Atalanta Menguat, Bintang-Bintang Calcio Berpindah
Napoli menjadi klub dengan belanja pemain terbesar di Seri A selama jendela transfer 2023/2024 (foto: x @sscnapoli)

Bagikan:

JAKARTA - Jendela transfer musim dingin Serie A 2023-24 telah berakhir dan meninggalkan banyak cerita menarik di belakangnya. Dua klub yang paling gencar dalam memperkuat skuad mereka adalah Napoli dan Atalanta, yang terus melakukan penguatan.

Beberapa pemain kenamaan Serie A juga meninggalkan liga untuk melanjutkan karier mereka di luar negeri. Rade Krunić, setelah 225 pertandingan dan 14 gol bersama Empoli dan AC Milan, memilih bergabung dengan Fenerbahçe.

Sementara itu, Koray Günter dipinjamkan ke Fatih Karagümrük setelah tampil dalam 100 pertandingan untuk Genoa dan Verona. Riccardo Saponara, yang mewakili tujuh klub Serie A dengan total 237 penampilan, termasuk Fiorentina, Sampdoria, dan Genoa, akan melanjutkan karier di Liga Super Turki bersama Ankaragücü.

Di sisi lain, beberapa pemain muda juga menunjukkan dampak instan setelah kepindahan mereka. Szymon Zurkowski kembali ke Empoli dari Spezia dan langsung mencetak empat gol dalam dua pertandingan pertamanya. Di sisi lain, debut Pasquale Mazzocchi di Napoli berakhir dengan kartu merah hanya dalam empat menit setelah masuk lapangan.

Di pasar transfer, beberapa transfer paling mahal mencakup Cyril Ngonge yang bergabung dengan Napoli dengan biaya  19,6 juta dolar AS (Rp307,4 miliar) dari Hellas Verona. Bologna FC juga membeli Santiago Castro seharga  13 juta dolar AS (Rp203,9 miliar) dari Velez Sarsfield, sementara Roma mendatangkan Tommaso Baldanzi seharga  10,9 juta dolar AS (Rp170,9 miliar) dari Empoli.

Beberapa pemain juga tiba di klub Serie A sebagai pemain bebas transfer. Bek Jérôme Boateng, yang sebelumnya bermain untuk Bayern Munich, bergabung dengan Salernitana. Sedangkan Monza berhasil menandatangani Matija Popović, seorang playmaker berusia 18 tahun dari Partizan Belgrade, yang akan pindah ke Napoli pada bulan Juni.

Di sektor pinjaman, beberapa pemain muda juga mendapat kesempatan bermain di klub lain. Dean Huijsen dari Juventus dipinjamkan ke Roma, sementara Djed Spence dari Tottenham dipinjamkan ke Genoa.

Dikutip dari Forbes, total belanja klub-klub Italia dalam jendela transfer Januari mencapai  117 juta dolar AS (Rp1,83 triliun) , dengan sebagian besar uang berputar di dalam negeri. Namun, keputusan pemerintah Italia untuk tidak memperpanjang pajak Decreto Crescita, yang sebelumnya membantu menarik pemain-pemain terbaik, telah menjadi kendala bagi klub Serie A dalam menarik bakat-bakat terbaik dunia.

Semoga kesuksesan di kompetisi Eropa seperti Liga Champions UEFA dapat memicu musim panas yang sibuk dalam negosiasi transfer untuk klub-klub Serie A.

Terkait