Kalahkan Jepang, Timnas Indonesia Juara AFC eAsian Cup 2023
Timnas Indonesia eFootball juara AFC eAsian Cup 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia eFootball berhasil menyabet juara AFC eAsian Cup 2023. Gelar itu diraih setelah tim sukses mengalahkan Jepang di babak final.

Tampil di Virtuocity Arena Doha, Qatar, pada Senin, 5 Februari 2024 dini hari WIB, Indonesia menang dengan skor akhir 2-0. Diperkuat Elga Cahya Putra, Rizky Faidan, dan Akbar Paudie Indonesia harus mencari dua kemenangan terlebih dahulu sebelum memastikan gelar juara.

Indonesia, yang menurunkan Elga dan Faidan, menekuk tim Samurai Biru pada leg pertama melalui sudden death penalty 3-2 setelah bermain 1-1 hingga babak tambahan. Kemudian Tim Merah-Putih memastikan kemenangan dengan 1-0 pada leg kedua.

Pertemuan dengan Jepang ini merupakan kali kedua dalam turnamen, setelah keduanya sempat saling mengalahkan pada fase grup di Grup D.

Babak pertama leg pertama berlangsung ketat hingga tidak ada gol tercipta meski Indonesia memiliki persentase penguasaan bola sebanyak 60 persen.

Indonesian kemudian unggul 1-0 pada menit ke-70. Hal itu terjadi berkat umpan lambung dari Pratama Arhan diterima oleh Hokky Caraka yang kemudian dioper dan dieksekusi dengan apik oleh Ramadhan Sananta.

Namun, pada pengujung babak kedua Indonesia kebobolan. Jepang merobek gawang tim Merah-Putih untuk menyamakan kedudukan 1-1.

Kedua tim tidak dapat memanfaatkan tambahan waktu hingga pertandingan harus dilalui lewat penalti. Indonesia yang memulai penalti unggul pada kesempatan pertama saat Jepang gagal mencetak angka.

Penalti berlangsung alot ketika kedua tim mencetak 2-2 pada lima kesempatan yang diberikan. Sudden death penalty harus dimainkan.

Indonesia dipastikan mengamankan leg pertama melalui adu penalti 3-2 setelah Jepang gagal mencetak gol pada kesempatan keenam.

Pertandingan kembali sengit pada leg kedua karena Indonesia tidak membiarkan Jepang untuk mengembangkan permainan mereka. Demikian pula Jepang sangat mewaspadai setiap pergerakan Indonesia.

Lagi-lagi permainan harus melalui tambahan waktu. Tendangan bebas pada menit ke-100 dari Dimas Drajad membuat Indonesia memimpin 1-0.

Skuad Merah-Putih akhirnya memenangi permainan ketika Jepang tidak memiliki jawaban atas ketangguhan Elga dan Faidan hingga babak tambahan waktu selesai.

Dengan demikian, Indonesia berhasil mengukuhkan diri sebagai juara AFC eAsian Cup 2023, sekaligus menjadi tim pertama yang menjuarai turnamen eFootball Piala Asia tersebut.