Aston Villa Naik ke Peringkat Empat Usai Hajar Sheffield United Lima Gol
Aston Villa menghajar Sheffield United 5-0 di pertandingan Premier League Inggris. (X/@AVFCOfficial)

Bagikan:

JAKARTA - Aston Villa naik ke peringkat empat setelah menghajar tuan rumah Sheffield United 5-0 di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Bramall Lane, Minggu, 4 Februari 2024 dini hari WIB.

Persaingan ketat memperebutkan posisi empat di klasemen Premier League. Villa berhasil merebut posisi tersebut sekaligus masuk ke zona Liga Champions setelah berpesta lima gol tanpa balas dari laga tandang sehingga mendapat tambahan tiga poin.

Kini, Villa yang meraih dua kemenangan dari enam laga terakhir memiliki poin 46. Mereka menggeser Tottenham Hotspur yang bermain imbang 2-2 melawan Everton.

Perolehan poin Villa sama dengan Manchester City yang menduduki peringkat dua dan Arsenal di posisi ketiga. Hanya, Villa kalah selisih gol dengan dua tim tersebut.

Arsenal sendiri baru akan bertanding melawan Liverpool di Emirates, Minggu, 4 Februari 2024 malam WIB. Sementara, Man City yang masih menyimpan dua laga dijamu Brentford.

Sementara, Sheff. United yang memiliki 10 poin menduduki dasar klasemen dan terancam turun kasta musim ini. Mereka juga sudah kemasukan 59 gol yang menjadikan Sheff. United sebagai tim yang paling banyak kebobolan.

Di pertandingan itu, gelandang John McGinn membuka pesta kemenangan Villa setelah membobol gawang tuan rumah di menit 12. Dirinya memanfaatkan bola rebound setelah sepakan striker Ollie Watkins membentur tiang gawang.

Hanya berselang empat menit, giliran Watkins yang mencetak gol sekaligus mengubah skor menjadi 2-0.

Selanjutnya, dia membuat assist yang dituntaskan oleh Leon Bailey di menit 20. Ini menjadikan Watkins sebagai pemain pertama di Premier League yang mencetak doble digit gol (11) dan assist (10).

Villa kian tak terbendung. Memasuki menit 30, pemain tengah Youri Tielemans yang kemudian mencatatkan nama di papan skor. Villa pun menutup babak pertama dengan keunggulan 4-0.

Di babak kedua, The Villans sudah langsung menggebrak dan membobol gawang Sheff. United saat pertandingan baru berjalan dua menit.

Bek Alex Moreno memanfaatkan lemahnya pertahanan tuan rumah saat menerima assist dari Watkins. Dirinya kemudian melepaskan tendangan voli yang membobol gawang Sheff. United.

Tuan rumah sempat mendapat gol hiburan yang dicetak Vinicius Souza di injury time. Namun gol dia dianulir karena dalam posisi offside. Sampai akhir laga Sheff. United tak bisa mencetak gol dan Villa unggul 5-0.

"Kami tak cukup bagus bagi 30 ribu suporter Sheffield United. Saya dan pemain yang bertanggung jawab. Kami tertinggal 4-0 hanya dalam tempo 30 menit. Ini membuat kami tak punya kesempatan untuk membalikkan keadaan," kata manajer Sheff. United Chris Wilder menanggapi kekalahan timnya.

Sementara, Watkins mengaku puas Villa mampu meraih kemenangan besar. Menurut dia keberhasilan mencetak empat gol di babak pertama yang membuat tim sudah pasti memenangkan pertandingan.

"Kami melakoni pertandingan dengan mindset harus memenangkan bola," kata Watkins.

Dilanjutkannya, "Kami melakukan start bagus dan menurut saya kami sudah mematikan mereka sebelum babak pertama selesai. Ini yang membuat kami sedikit nyaman di babak kedua."