Bayern Munchen Target Ronald Araujo, MU Bidik Matthijs de Ligt
Bek Bayern Mynchen Matthijs de Ligt menjadi target Manchester United. (Instagram @mdeligt_)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester United kemungkinan melepas incaran bek Barcelona Ronald Araujo bila sudah dibidik Bayern Munchen. Sebaliknya, MU berharap bisa memboyong bek Matthijs de Ligt yang hendak dilepas Bayern.

De Ligt meredup saat meninggalkan Ajax Amsterdam. Padahal, De Ligt pernah diperebutkan banyak klub elite Eropa. Saat itu, MU, Barcelona, Juventus dan Bayern yang bersaing menggaet bintang muda Ajax.

Bahkan Barca dan MU sempat saling serang di media gara-gara memperebutkan bek tengah tim nasional Belanda ini. Namun De Ligt malah memilih Juve yang sesungguhnya nyaris mundur dari persaingan.

Sementara, gelandang Frenkie de Jong, kolega dekat De Ligt di Ajax dan timnas, malah sudah lebih dulu bergabung dengan Barca.

De Ligt bergabung dengan Juve pada 2019. Namun pemain termuda yang pernah bermain di final kompetisi Eropa, Liga Europa pada 2017 saat Ajax dikalahkan MU ini gagal bersinar di Serie A Italia.

Tak mampu tampil maksimal seperti di Ajax, De Ligt kemudian dilepas Juve ke Bayern pada 2022.

Apalagi, klub Bundesliga ini memberi penawaran menggiurkan kepada Juve. De Ligt pun dijual dengan harga 67 juta euro.

Meski menjadi salah satu bek berharga mahal, De Ligt pun tak bisa menunjukkan performa terbaik di Bayern.

Langkah Bayern mendatangkan bek tengah Korea Selatan Kim Min-jae dari Napoli menunjukkan klub kurang puas dengan kinerja De Ligt.

Terakhir, klub meminjam bek Tottenham Hostpur Eric Dier sampai akhir musim dengan opsi perpanjangan satu musim. Kehadiran Dier kian membuat De Ligt tersingkir. 

Bahkan setelah memboyong Dier, Bayern masih memburu Araujo. MU sendiri sesungguhnya tertarik mendatangkan bek timnas Uruguay ini.

Namun ketimbang bersaing dengan Bayern, klub Premier League Inggris ini berniat membawa De Ligt. MU berharap Bayern memberikan harga yang tidak mahal bila hendak melepas bek berusia 24 ini.

Bila di tahun-tahun sebelumnya MU gagal memboyong De Ligt, namun kali ini The Red Devils punya peluang mendatangkan bek yang sesungguhnya punya potensi untuk sejajar dengan Paolo Maldini, Franco Baresi, Fabio Cannavaro atau Alessandro Nesta ini.

Pasalnya, MU memiliki manajer Erik ten Hag yang sukses memoles De Ligt di Ajax. Ya, Ten Hag yang mengorbitkan De Ligt, De Jong dan Donny van de Beek.

Bahkan Ten Hag sudah memberi kepercayaan kepada De Ligt untuk menjadi kapten Ajax meski usianya baru 19. Kini, Ten Hag yang menginginkan MU bisa memboyong De Ligt.

Pindah ke MU bisa menjadi solusi bagi De Ligt yang sudah kehilangan tempat di Bayern. Pasalnya pelatih Thomas Tuchel lebih mengandalkan Dayot Upamecano dan Kim.

Apalagi, De Ligt sempat cedera lutut yang membuat dia absen cukup lama sehingga posisinya direbut Kim.