Australia Open 2024: Daniil Medvedev dan Coco Gauff Menang
Petenis Daniil Medvedev lolos ke babak kedua Australia Open 2024 (Instagram/@medwed33).

Bagikan:

JAKARTA – Daniil Medvedev lolos ke babak kedua Australia Open 2024 setelah lawannya, Terence Atmane, tidak bisa melanjutkan laga karena mengalami kram.

Medvedev yang menjadi runner-up pada Australia Open edisi 2021 dan 2022 kalah pada set pertama 5-7 sebelum menang di dua set berikut 6-2 dan 6-4. Dia tengah memimpin 1-0 saat lawannya harus mundur.

"Saya sering mengalami kram seperti itu. Jika dia bermain seperti ini, dia bisa melakukan hal-hal besar," kata Medvedev dikutip BBC Sport.

Cuaca di Melbourne tengah panas-panasnya pada pertandingan hari kedua dibandingkan dengan sepekan terakhir. Suhu di luar lapangan mencapai 27 derajat Celcius, bahkan lebih panas ketika ada sinar matahari.

Atmane sudah mulai terlihat mengalami kram pada set ketiga. Ia sempat memutuskan melanjutkan pertandingan, tetapi akhirnya menyerah saat posisi tertinggal di set keempat.

Petenis asal Prancis berusia 22 tahun itu tampak nyaris menangis saat bersalaman dengan Medvedev. Ia kemudian meluapkan emosinya sambil menyembunyikan kepala di balik handuk setelah itu.

"Ini adalah kondisi yang brutal. Benar-benar brutal karena tidak seterik ini selama tujuh hari terakhir di sini dan sekarang malahan terik," kata Medvedev.

Pada pertandingan lain, tiket babak kedua juga berhasil diamankan oleh Coco Gauff. Petenis Amerika Serikat dan juara US Open tahun lalu itu lolos usai mengalahkan petenis Slovakia, Anna Karolina Schmiedlova, dua set 6-3 dan 6-0.

Sayangnya, juara Wimbledon tahun lalu, Marketa Vondrousova, langsung tersingkir di babak pertama. Petenis peringkat ketujuh dunia itu adalah unggulan tertinggi yang tersingkir paling awal sejauh ini.