Bagikan:

JAKARTA - Liverpool memulangkan pemain pinjaman pada Januari 2024. Dua nama yang kembali ke Anfield ialah bek tengah Nat Phillips dan Rhys Williams.

Masa peminjaman mereka dipersingkat. Phillips dan Williams dipulangkan dari Celtic dan Aberdeen lantaran Jurgen Klopp tengah krisis pemain belakang.

Jadi, tak sekadar dipulangkan, kedua pemain itu juga membahas masa depannya di Anfield bersama Klopp. Soalnya, Liverpool harus kehilangan Andy Roberston dan Kostas Tsimikas akibat cedera.

Paling tidak, Klopp punya proyeksi jangka pendek untuk dua pemain tersebut.

"Kami harus melihat Nat. Kami harus mempertimbangkan situasi kami sendiri, hal-hal seperti ini. Dia pasti akan bersama kami hingga akhir bulan. Kami akan melakukan pembicaraan dan melihat situasi kami, begitulah adanya."

Selain untuk menambah kedalaman skuad, Klopp ternyata sangat memerhatikan dua pemainnya, terutama Rhys Williams, penggawa yang baru mentas dari tim U-21.

Manajer asal Jerman itu sudah melihat bagaimana perkembangan Phillips dan Williams semasa peminjaman. Dia menilai keduanya belum cukup berhasil.

Bicara Nat Phillips, besar kemungkinan kegagalan selama peminjaman didasari cedera sang bek.

"Jujur, kami sangat memikirkan keduanya, karena hal-hal yang dilakukan para pemain ketika mereka berada di sini. Sekarang Nat, saya tidak yakin dia akan mengatakan berhasil 100 persen di Celtic."

"Sedikit karena cedera. Jika tim seperti Celtic berada dalam momen positif dan Anda berada di tim maka Anda tetap di tim. Kalau ini bukan momen yang positif dan Anda berada di tim maka Anda mungkin akan keluar."

"Itu tidak menjelaskan apa pun tentang kualitas. Nat akan berlatih bersama kami, lalu kita lihat perkembangannya," tutur Klopp di ESPN.

Klopp ingin Nat Phillips berlatih di Liverpool dulu demi kebaikan masa depannya. Dia ingin melihat hari ke hari perkembangan sang bek.

Kemudian, menengok Rhys Williams, Klopp lebih menaruh perhatian. Dia tidak ingin perkembangan talenta mudanya terganggu.

Williams juga dirasa belum berhasil. Nantinya, jika dirasa sudah kembali siap untuk kompetitif, pemain 22 tahun itu akan dilepas lagi dengan status pinjaman.

"Rhys situasinya sedikit berbeda. Dia pemain (dari) U-21 pertama kami (yang dipinjamkan). Saya harus berbicara dengannya tentang mengapa masa pinjamannya tidak berhasil, itu jelas berbeda."

"Anak yang saya kenal (Rhys), saya berharap bisa bermain di Skotlandia 100 persen dari detik pertama hingga detik terakhir."

"Saya harus berbicara dengannya tentang hal itu. Saya belum melakukannya, tapi itu pasti akan terjadi. Lalu, kita akan lihat apa hasil dari pembicaraan itu," kata Klopp lagi.

Jurgen Klopp merupakan pelatih yang sangat peduli dengan perkembangan pemain, khususnya talenta muda. Dia memerhatikan detail agar tak salah dalam pengembangan potensi pemain.

Khusus Nat Phillips, Klopp tak ingin pemain belakangnya itu malah dibuang klub peminjam karena kurang berkontribusi. Makanya, lebih baik dia memulangkan.