Legenda Sepak Bola Brasil Mario Zagallo Meninggal Dunia di Usia 92 Tahun
Legenda Brasil Mario Zagallo meninggal dunia. (Foto: Instagram @zagallooficial)

Bagikan:

JAKARTA - Legenda sepak bola Brasil Mario Zagallo meninggal dunia. Ia menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 92 tahun.

"Dengan kesedihan yang mendalam, kami mengabarkan kepada tentang meninggalnya juara dunia empat kali Mario Jorge Lobo Zagallo," demikian pernyataan di akun Instagram sang legenda, dikutip Sabtu 6 Januari.

"Seorang ayah yang berbakti, kakek yang penuh kasih, ayah mertua yang penuh perhatian, teman yang setia, profesional yang penuh kemenangan, dan manusia yang hebat. Idola besar. Seorang patriot yang meninggalkan warisan prestasi yang luar biasa," lanjut pernyataan itu.

Zagallo tercatat memenangkan empat Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Ia mengangkat trofi Piala Dunia sebagai pemain berturut-turut pada tahun 1958 dan 1962, di mana menjadi starter di kedua final itu.

Sementara itu, dia mengangkat trofi sebagai pelatih ketika menangani tim yang berisi Pele, Jairzinho dan Carlos Alberto. Tim yang secara luas dianggap sebagai tim internasional terhebat sepanjang itu juara di tahun 1970.

Adapun kemenangan terakhir Zagallo di Piala Dunia terjadi saat menjadi asisten pelatih Carlos Alberto Parreira pada tahun 1994.

Dia kembali sebagai manajer Brasil setelah turnamen itu dan membawa mereka ke final pada tahun 1998. Sayang, tim asuhannya saat itu takluk melawan tuan rumah Prancis.

Zagallo adalah orang pertama yang memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan manajer. Prestasi itu kemudian disamai oleh Franz Beckenbauer dari Jerman dan Didier Deschamps dari Prancis.