Bagikan:

JAKARTA - Franz Beckenbauer dimakamkan di Munchen dalam sebuah upacara pribadi kecil pada Jumat, 12 Januari 2024, waktu setempat.

Tabloid Bild melaporkan Beckenbauer, yang meninggal pada Minggu, 7 Januari 2024, dimakamkan di pemakaman Perlacher Forest, hanya dua kilometer dari tempat ia dibesarkan di pinggiran Kota Munchen.

Foto-foto menunjukkan peti mati Beckenbauer ditutupi bunga dan dibawa melewati pemakaman yang tertutup salju di selatan ibu kota Bavaria.

Ia dimakamkan di samping putranya, Stephan, yang meninggal karena tumor otak pada usia 46 tahun pada tahun 2015. Orang tua Beckenbauer juga dimakamkan di pemakaman tersebut.

Kebaktian hari Jumat itu dibatasi hanya untuk sejumlah kecil teman dan keluarga.

Franz Beckenbauer merupakan satu dari tiga orang yang memenangi Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Dunia berduka atas kehilangan pesepak bola hebat pada usia 78 tahun.

Kanselir Jerman Olaf Scholz hadir untuk penghormatan terakhir sekaligus pengakuan yang besar terhadap salah satu atlet hebat Jerman.

"Dengan Franz Beckenbauer, negara kita kehilangan pesepakbola, atlet, dan pribadi yang hebat," ujar juru bicara Kanselir Jerman.

Sementara itu, mantan klub Beckenbauer, Bayern Munchen, telah merencanakan peringatan publik pada 19 Januari 2024 di Allianz Arena.

Acara di stadion berkapasitas 75.000 kursi ini akan terbuka untuk umum dan disiarkan di televisi Jerman.

Presiden Bayern Munchen, Herbert Hainer, mengatakan bahwa Allianz Arena adalah tempat yang ideal.

"Stadion ini tidak akan ada tanpa dia (Franz Beckenbauer). Ini harus menjadi upacara peringatan untuk semua orang, bersama dengan penggemar dan teman-teman."

Selain itu, Bayern Munchen telah merencanakan sejumlah acara, termasuk pemanasan dengan mengenakan nomor lima Beckenbauer yang terkenal serta akan bermain dengan kaus bertanda 'Danke, Franz' (terima kasih, Franz).

Seragam tersebut akan dilelang dan hasilnya akan disumbangkan ke Federasi Franz Beckenbauer.

Selepas pemakaman Beckenbauer, seluruh pertandingan Bundesliga memperingati meninggalnya sang legenda dengan mengheningkan cipta sebelum kick-off.

Beckenbauer menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di kota Salzburg, Austria, dalam kondisi kesehatan yang buruk dan jarang tampil di depan umum.

Dia telah memenangi banyak gelar bersama Munchen dan Timnas Jerman. Beckenbauer bersama Mario Zagallo dan Didier Deschamps merupakan tokoh sepak bola yang berhasil memenangi Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.