Drama Enam Gol, Brighton Gagalkan Misi Tottenham Hotspur Geser Man City
Pemain Brighton and Hove Albion saat merayakan gol di pertandingan melawan Tottenham Hotspur. (X/@BHAFC)

Bagikan:

JAKARTA - Misi Totteham Hotspur kembali ke empat besar dan menggeser Manchester City gagal total dalam drama enam gol. Brighton and Hove Albion menang 4-2 dalam duel di Premier League Inggris di Stadion The American Express Community, Jumat, Desember dini hari WIB.

Gol telat Tottenham hanya bisa memperkecil ketinggalan skor. Meski sempat mengejar defisit gol setelah kebobolan empat kali, Tottenham akhirnya harus mengakui keunggulan Brighton.

Tottenham sesungguhnya bisa mengakhiri laga dengan hasil berbeda bila dua gol Richarlison tidak dianulir. Hanya saja, klub London Utara ini memang lagi apes sehingga gagal memetik poin penting di laga tandang.

Di laga itu, tuan rumah memang lebih superior ketimbang Tottenham. Begitulah persaingan di Liga Inggris. Tim-tim elite pun bisa tumbang dengan skor besar. Lebih dari itu, Brighton memang kerap menyulitkan tim-tim besar.

Sebaliknya, The Seagulls juga lebih sering kehilangan poin saat bertemu lawan dengan kualitas medioker. Ini yang menjadikan Brighton masih tertahan di papan tengah.

Kemenangan atas Tottenham menjadikan Brighton naik ke peringkat delapan dengan poin 30. Mereka membayangi Manchester United yang unggul satu poin dan menduduki peringkat tujuh.

Sementara, posisi Tottenham tak berubah. Mereka menempati posisi lima dengan poin 36. Terpaut satu poin dengan Man City yang berada di zona Liga Champions dengan menduduki peringkat empat.

Laga Brighton melawan Tottenham berjalan seru. Hanya tuan rumah memang mampu menunjukkan performa terbaik.

Pertandingan baru berjalan 11 menit, Brighton sudah unggul melalui Jack Hinshelwood. Gol tercipta setelah dirinya menerima operan dengan sentuhan apik dari Joao Pedro.

Unggul 1-0 menjadikan pasukan Roberto De Zerbi kian bersemangat menekan pertahanan lawan. Brighton tak butuh waktu lama untuk menggandakan keunggulan setelah mendapat hadiah penalti di menit 23.

Penalti diberikan menyusul pelanggaran yang dilakukan Dejan Kulusevski terhadap striker Danny Welbeck.

Wasit Jarred Gillett memang meninjau insiden itu lewat VAR sebelum menunjuk titik putih. Pedro pun menuntaskan eksekusi yang membawa tuan rumah unggul 2-0.

Brighton sesungguhnya sempat menambah gol melalui Facundo Buonanotte di meni 38. Hanya, gol itu dianulir karena offside. Skor dua gol pun tak berubah saat turun minum.

Di babak kedua, Tottenham langsung bangkit. Hasilnya pertandingan baru berjalan satu menit, Richarlison berhasil membobol gawang Brighton. Namun gol itu dianulir karena striker timnas Brasil ini dalam posisi offside.

Tottenham menolak menyerah dan berusaha mengejar defisit gol. Serangan mereka nyaris membuahkan hasil saat Richarlison kembali mencetak gol di menit 62. Lagi-lagi gol dia dianulir, juga karena offside.

Hanya berselang satu menit, Brighton justru berhasil menambah gol. Kali ini, Pervis Estupinan yang sukses membobol gawang Tottenham setelah menyelesaikan umpan dari gelandan veteran James Milner.

Brighton kian tak terbendung. Mereka kembali menambah gol setelah Pedro untuk kedua kali menaklukkan kiper Guglielmo Vicario dari titik penalti di menit 74. Penalti diberikan karena pelanggaran serius yang dilakukan gelandang Giovani Lo Celso.

Setelah tertinggal 4-0, Tottenham baru bisa memperkecil ketinggalan pada 10 menit terakhir. Gol pertama The Lilywhites dihasilkan Alejo Veliz di menit 81. 

Selanjutnya, sundulan dari jarak dekat Ben Davies menambah gol Tottenham di menit 86. Hanya saja, Tottenham tak bisa menambah gol lagi. Skor 4-2 untuk Brighton bertahan sampai akhir laga.