Bagikan:

JAKARTA - Persebaya Surabaya kembali menuai hasil tak memuaskan di Liga 1 2023/2024. Menjamu Persis Solo di markas sendiri, Bajul Ijo malah menuai satu poin.

Persebaya Surabaya menuntaskan laga dengan skor seri 1-1 kontra Persis Solo di Stadion Bung Tomo, Surabaya, pada Rabu, 13 Desember 2023, malam WIB.

Hasil ini otomatis menambah panjang catatan buruk Bajul Ijo di Liga 1. Pasalnya, sejauh ini Persebaya tak pernah menang dari tujuh laga beruntun.

Tim asuhan Uston Nawawi itu termotivasi menyetop hasil buruk partai sebelumnya. Hal ini terlihat dari pergerakan Persebaya yang langsung tampil tajam di awal laga.

Namun, usaha tuan rumah untuk memetik kemenangan dijegal Persis yang memberi perlawanan sengit. Barisan pertahanan Laskar Sambernyawa yang dikomandoi Jaimerson da Silva tampil solid menghalau serangan bertubi-tubi tuan rumah.

Pada menit ke-30 Persebaya akhirnya memecahkan kebuntuan. Robson Carlos Duarte yang menerima umpan silang Andre Oktaviansyah memberi assist kepada Paulo Henrique.

Hanya saja, gol Henrique ini kontroversial. Soalnya, tandukan Henrique berhasil ditepis dan ditangkap Muhammad Riyandi. Namun, wasit memutuskan bahwa gol itu sah karena bola dianggap sudah melewati garis sebelum ditepis.

Momen ini sempat membuat para pemain Persis protes. Mereka mempertanyakan mengapa bisa menjadi gol. Kendati kecewa, akhirnya laga dilanjutkan kembali dengan keunggulan Bajul Ijo.

Hingga turun minum, tak ada lagi gol tercipta. Upaya Persis menyamakan kedudukan selalu bisa dipatahkan karena umpan-umpan yang mereka lepaskan juga kerap tak akurat.

Melanjutkan laga ke babak kedua, pemain Persis langsung tampil menekan. Namun, pergerakan bola yang tak bisa dikontrol dengan akurat membuat mereka kerap melewatkan peluang.

Upaya Persis akhirnya berbuah pada menit ke-58. Berawal dari umpan terobosan Messidoro, Eky Taufiq berhasil melepas umpan silang manis yang langsung ditanduk Sho Yamamoto.

Gol ini melecut pemain Persebaya untuk kembali memimpin. Sayang, keberuntungan belum berpihak kepada mereka. Dua tembakan Persebaya pada menit ke-69 dan ke-76 membentur mistar gawang.

Pada situasi tegang itu, kemalangan malah menimpa Ernando yang mengalami cedera. Kiper Timnas Indonesia ini terpaksa keluar lapangan dan digantikan Andhika Ramadhani yang terus tampil hingga peluit panjang dibunyikan.

Hasil seri 1-1 membuat Persebaya dan Persis tetap bertahan di papan bawah klasemen. Persebaya di peringkat ke-14, sedangkan Persis di posisi ke-15.