JAKARTA - Motif batik menghiasi livery motor tim Indonesian Racing Team Gresini Moto3 yang akan berlaga di kelas Moto3 tahun ini.
Di acara peluncuran yang disiarkan langsung dari Italia pada Rabu kemarin pebalap Jeremy Alcoba asal Spanyol dan Gabriel Rodrigo dari Argentina menyibak tirai yang menutupi tunggangan baru mereka musim ini.
Indonesian Racing merupakan brand untuk tim balap motor Indonesia yang digagas oleh perusahaan manajemen olahraga asal Indonesia MP1.
Dengan misi mengibarkan bendera Merah Putih di ajang kejuaraan dunia MotoGP, Indonesian Racing akan menjalani tahun debutnya bersama nama yang sudah tidak asing lagi malang melintang di dunia balap motor, Gresini Racing, di bawah bendera Indonesian Racing Team Gresini Moto3.
Dengan kontrak berdurasi multi-tahun, Indonesian Racing menjadi sponsor utama tim Gresini di kelas Moto3. Logo Indonesian Racing juga akan terpampang di kelas Moto2 sebagai salah satu sponsor tim Gresini Racing di kelas menengah itu.
BACA JUGA:
"Batik yang ada di livery itu berasal dari keraton di Jawa Tengah dan dimodifikasi oleh desainer dari Italia... Kami sengaja melakukan itu untuk membawa budaya Indonesia ke internasional," ungkap managing director MP1 Ance Dewianti pada jumpa pers virtual, Rabu yang dilansir Antara.
Motif batik berwarna hitam tersebut terpampang di fairing motor bermesin Honda 250 cc tersebut dengan warna latar merah dengan logo Indonesian Racing di bagian atas.
"Tentang motor ini... warnanya membuat saya tak bisa berkata-kata. Saya sangat suka dengan warna klasik, tapi saya harus bilang tampilan baru dari Honda ini sangat menawan," kata Alcoba.
Rekan satu timnya, Rodrigo tak kalah antusiasnya mendapati warna baru di motornya.
"Setelah tahun 2020 yang intens, dengan begitu banyak masalah, saya harus meninggalkan semua ini.
"Saya harus menyetel ulang, khususnya dari sisi mental dan saya siap untuk memulai lagi...tak hanya dari sisi mental, tapi grafisnya dan semuanya baru, mulai dari warna hingga nomor saya," kata Rodrigo yang mengincar gelar juara tahun ini.
Seperti diungkap marketing director Team Gresini Carlo Merlini, Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar untuk MotoGP dengan begitu banyaknya para fan.
"Kami memiliki hubungan spesial dengan Indonesia, bukan hanya karena banyaknya sponsor tapi kami tahu masyarakat Indonesia adalah penggila motorsport.
"Dengan kemitraan ini kami ingin mengibarkan tinggi bendera Indonesia di setiap balapan di dunia," kata Merlini.