Bagikan:

JAKARTA - Proses naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On selangkah lagi rampung. Hal itu menyusul persetujuan yang berikan Komisi X dan Komisi III DPR RI dalam Rapat Kerja di Gedung Nusantara I, Senayan, pada Senin, 4 Desember 2023.

Rapat Kerja Komisi X dengan Kemenpora dipimpin Hetifah Sjaifudian dan Dede Yusuf. Rapat ini dihadiri enam fraksi yang juga dihadiri Menpora, Dito Ariotedjo, serta perwakilan PSSI, Sekretaris Jenderal Yunus Nusi.

Saat rapat digelar, Menpora dan PSSI sempat mendapatkan kritik dari anggota Komisi X DPR RI, Putra Nababan.

Kritik yang dilontarkan itu terkait absennya dua pemain yang bakal dinaturalisasi baik secara langsung maupun daring.

"Kami minta tolong betul karena kami biasanya mendapatkan keistimewaan ketemu langsung dengan atlet (yang bakal di naturalisasi)."

"Ini wajahnya mana belum muncul. Padahal, ini 'kan tradisi (untuk muncul dalam rapat), biasanya kita juga mengajarkan mereka Bahasa Indonesia," kata Putra Nababan dalam potongan video saat rapat dikutip Selasa, 5 Desember 2023.

Terkait ketidakhadiran Jay dan Nathan dalam agenda penting ini, Putra Nababan mengungkap mestinya ada cara lain yang dilakukan untuk mewakili kehadiran masing-masing pemain.

“Seharusnya ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Kalau secara fisik hadir mungkin tidak bisa. Kalau tidak (memungkinkan) Zoom, mungkin karena perbedaan waktu. Bisa juga rekaman video,” cetusnya.

Kritikan yang diungkap Putra Nababan atas ketidakhadiran Jay dan Nathan ternyata bukan tanpa sebab.

Ia berharap adanya pemain tersebut secara langsung maupun daring agar bisa mengajarkan nilai sopan santun karena sebentar lagi mereka akan menyandang status warga negara Indonesia (WNI).

“Kami ingin ajarkan sopan santun Pak Sekjen (PSSI). Jadi, nanti kalau bisa disusulkan video ucapan terima kasih dari keduanya untuk Komisi X dan Komisi III serta komisi lain yang sudah mendukung Timnas Indonesia,” kata Putra Nababan menyarankan.

Sebelumnya, diketahui bahwa Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On absen dalam agenda pembahasan proses naturalisasi oleh DPR RI ini karena masih terlibat agenda dengan klub masing-masing.

Jay Idzes saat ini masih tercatat sebagai pemain yang memperkuat klub divisi kedua Liga Italia, Venezia FC. Sementara Nathan Tjoe-A-On masih berseragam tim divisi kedua Liga Inggris, Swansea City.