Bagikan:

JAKARTA - Rapat kerja Komisi X DPR RI resmi menyetujui permohonan naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders pada Selasa, 17 September 2024, pukul 15.00 WIB.

Dipimpin oleh Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, M.P.P., raker turut dihadiri Menpora Dito Ariotedjo serta jajaran PSSI. Rapat menetapkan bahwa seluruh anggota yang hadir menyetujui proses lanjutan naturalisasi Mees dan Eliano.

Dalam putusan akhir, Hetifah membacakan ringkasan hasil rapat yang menyebut Komisi X DPR RI menyetujui rekomendasi proses naturalisasi kedua pemain yang bersangkutan.

Ia juga menyatakan bahwa proses lanjutan mesti sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan perundang undangan yang berlaku," ucap Hetifah dalam memimpin rapat.

Dengan disetujuinya proses rekomendasi naturalisasi ini, Hetifah berharap kehadiran dua pemain berdarah Indonesia ini bisa menjadi langkah tepat dalam membangun prestasi sepak bola di Tanah Air.

"Komisi X DPR RI mendorong Pemerintah dan PSSI agar memerhatikan seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI pada rapat kerja hari ini sebagai langkah untuk membangun prestasi olahraga, khususnya sepak bola nasional. Selanjutnya, hasil rapat kerja ini akan disampaikan dalam Rapat Paripurna DPR RI untuk diambil keputusan," katanya.

Sebelum diputuskan oleh pimpinan rapat, Desy Ratnasari selalu anggota Komisi X DPR RI dari fraksi PAN juga menyampaikan persetujuan naturalisasi. Ia berharap Eliano dan Mees bisa berkontribusi dan berkolaborasi untuk Timnas Indonesia sebagai seorang pemain yang memang memiliki jiwa nasionalisme.

"Saya harap kamu (Eliano Reijnders) baik di sana. Kami menyambut kamu sebagai warga Indonesia. Insyaallah, setelah ini, paling penting kami berharap kamu bisa kolaborasi dan beradaptasi dengan budaya Indonesia dan tim sepak bola di sini sebagai orang Indonesia, bukan dari mana kamu berasal sekarang," kata Desy Ratnasari.

Sebelumnya rekomendasi proses naturalisasi kedua pemain ini juga telah mendapatkan persetujuan dari dari Komisi III DPR RI dalam raker yang digelar pada Selasa, 17 September 2024, pukul 13.00 WIB.

Dengan begitu, naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bakal lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu Rapat Paripurna DPR RI.

Setelah itu, naturalisasi keduanya masih harus akan berlanjut ke Kementerian Sekretariat Negara untuk mendapat surat keputusan dari Presiden dan kemudian menjalani sumpah di Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) sebagai proses final.

Meski disetujui seluruh anggota Komisi X DPR RI, sejumlah catatan juga diberikan kepada Kemenpora dan PSSI.

Nuroji dari fraksi Gerindra misalnya, menyebu PSSI dan Kemenpora perlu mencari strategi lain untuk meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia ketimbang cara instan melalui naturalisasi.

Pembinaan sepak bola di Indonesia harus dibenahi agar bisa menghasilkan pemain berkualitas.

"Saya setuju, tapi kebanggaan berkurang. Dari komposisi sekarang terlalu banyak pemain naturalisasi, bahkan sampai satu tim."

"Strategi ini tidak bisa dilakukan terus-menerus jangka panjang sebagai cara meningkatkan prestasi dengan instan."

"Kemenpora dan PSSI harus punya strategi lain mengedepankan nasionalisme. Bagi saya nasionalisme harga mati. Kemenangan Timnas Indonesia berkat pemain yang bukan lokal, saya jadi tidak terlalu bangga atau euforia," tutur Nuroji.