Bagikan:

JAKARTA – Rampungnya turnamen bulu tangkis China Masters 2023 pekan kemarin turut mengubah beberapa posisi pebulu tangkis Indonesia di peringkat BWF.

Pada ajang tersebut total sebanyak 14 wakil Indonesia tampil. Namun, tidak ada satu pun yang menembus babak final dan membawa pulang gelar turnamen berlevel Super 750 BWF itu.

Salah satu yang ikut berpartisipasi ialah ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Pasangan yang menjadi unggulan keempat tersebut pulang di babak kedua.

Tidak bisa berbuat banyak di China membuat Fajar/Rian merosot satu tempat di peringkat BWF. Mereka sekarang duduk di posisi kelima dengan koleksi 86.829 poin.

Nasib yang sama juga dialami Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan setelah kandas di babak pertama turnamen serupa. Pasangan veteran ini turun satu posisi ke peringkat ke-10.

Sektor tunggal putra, pebulu tangkis yang posisinya ikut tergeser ialah Jonatan Christie. Pebulu tangkis 26 tahun itu tidak tampil di China Masters 2023 sehingga terjun ke posisi keempat.

Pada nomor yang sama, Anthony Sinisuka Ginting tetap bertahan di posisi kedua. Dia berada di belakang tunggal putra nomor satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen.

Posisi yang tidak berubah juga dialami oleh tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung. Dia sekarang menempati peringkat ketujuh dunia atau enam posisi di belakang An Se-young.

Ganda putri andalan Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, juga tidak tergoyahkan. Pasangan yang berhenti di babak kedua China Masters 2023 itu masih di peringkat ketujuh.

Terakhir, ganda campuran Indonesia tidak punya wakil di sepuluh besar dunia. Namun, tiga wakil di luar itu tetap bertahan di posisi masing-masing.

Berturut-turut ada Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di tangga ke-15, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja di posisi ke-18, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di peringkat ke-20.