Jonatan Christie dan Anthony Ginting Saling Tempel di Ranking BWF
Jonatan Christie (Foto: PBSI)

Bagikan:

JAKARTA - Badminton World Federation (BWF) mulai mencairkan poin para pebulu tangkis dunia setelah sempat dibekukan karena pandemi COVID-19. Momen ini membuat perubahan posisi, termasuk bagi tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Ginting yang kini saling tempel.

Sebelumnya, BWF sempat membekukan ranking para atlet terhitung sejak pekan ke-12 di tahun 2020 akibat tingginya angka penularan COVID-19. Situasi itu membuat banyak turnamen juga ikut ditunda bahkan dihentikan.

Namun, seiring situasi yang membaik dan kompetisi yang mulai berjalan normal, BWF kemudian mencairkan poin para pebulu tangkis secara bertahap terhitung mulai Selasa, 2 Agustus.

Dikutip dari bwf.tournamentsoftware, meski tak menampilkan hasil signifikan, tapi di nomor tunggal putra terlihat pergerakan yang menarik. Pasalnya, Jonatan Christie sukses menggeser Chen Long yang merupakan wakil China untuk naik ke posisi tujuh.

Naiknya peringkat Jojo itu hanya berjarak satu poin dari rekan sesama Indonesia, Anthony Ginting. Dengan begitu, persaingan di turnamen selanjutnya akan terasa lebih menarik.

Tunggal putra Indonesia lainnya, Shesar Hiren Rhustavito masih tetap di urutan 26 dunia. Tapi, Tommy Sugiarto bisa menggeser Chico Aura Dwi Wardoyo yang tadinya ada di posisi 35 untuk turun satu peringkat.

Bergeser ke sektor tunggal putri. Perubahan mencolok tak terjadi di sini karena masih belum ada nama wakil Indonesia yang masuk 10 besar. Peringkat terbaik srikandi Indonesia berada di ranking 26 yang dimiliki oleh Gregoria Mariska Tunjung.

Sementara Fitriani menunjukkan pergerakan dengan naik dia peringkat ke posisi 43. Sedangkan Putri Kusuma Wardani yang naik satu peringkat menjadi ranking 47.

Di sektor ganda putra, empat wakil teratas pasangan Indonesia masih berada di posisi yang sama. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo masih duduk di posisi pertama. Disusul Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di posisi ketiga, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto posisi lima dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di peringkat ke-14.

Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana masuk urutan 20 besar dengan menempati posisi akhir, sementara Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin masih bertahan di posisi 21.

Dari sektor ganda putri ada nama Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang menempati posisi tujuh dunia meski telah berpisah. Sedangkan pasangan baru Apriyani, Siti Fadia masih tercatat berpasangan dengan Ribka Sugiarto dengan menduduki peringkat ke-28 dunia.

Untuk ranking terbaru Apriyani/Fadia, mereka kini naik satu peringkat menjadi ranking ke-41. Sementara itu, ganda putri Indonesia lainnya, Febriana Diwpuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi berhasil naik dua peringkat menjadi ranking 44.

Sedangkan, Della Destiara Harris/Rizki Amelia Pradipta anjlok empat peringkat ke posisi 35. Nita Violina Marwah/Putri Syaikah turun satu grid dari semula 46.

Ranking ganda campuran Indonesia juga tidak banyak perubahan. Dari lima pasangan di zona 50 besar, hanya Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang rankingnya bergeser dengan naik dua peringkat menjadi ranking 44.

Sementara, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di posisi kelima, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di posisi 15, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari terpaut tiga angka 18 dan Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso masih tetap stagnan di urutan ke-28.