Bagikan:

JAKARTA – Perancis U-17 akan memainkan pertandingan semifinal Piala Dunia U-17 2023 melawan Mali U-17 di Stadion Manahan, Solo, Selasa, 28 November 2023, pukul 19.00 WIB.

Kedua tim sebelumnya melewati babak perempat final dengan skenario yang hampir serupa. Mereka sama-sama menang dramatis lewat gol tunggal atas Uzbekistan U-17 dan Maroko U-17.

Perancis terlebih dahulu memastikan diri lolos berkat gol tunggal Ismail Bouneb pada menit ke-83. Gol itu bermula dari sundulan Mathis Lambouder yang membentur tiang kiri.

Bola muntah bergulir di depan gawang dan langsung disambar Bouneb. Kejadian yang hampir sama ketika Mali U-17 mengamankan tiket semifinal.

Pasukan asuhan Soumaila Coulibaly tersebut juga mencetak gol saat waktu normal babak kedua tersisa sembilan menit. Gol tersebut dibuat Ibrahim Diarra berawal dari pergerakan Ibrahim Kanate di sisi kiri.

Setelah menerima umpan terobosan, Kanate berlari melewati pemain lawan lalu melepaskan tembakan. Bola hasil tendangan dia membentur tiang kanan menghasilkan bola muntah yang langsung disambar Diarra.

Setelah melewati delapan besar yang alot, kedua tim pun akan berburu tiket final untuk kedua kalinya dalam sejarah mereka di turnamen ini.

Perancis U-17 sebelumnya pernah mencapai babak final pada 2001 yang berujung juara. Sementara Mali U-17 melakukannya pada 2015 yang berujung runner-up di bawah Nigeria U-17.

Ambisi Mali U-17 pada tahun ini ialah mengulang kesuksesan tersebut dan membawa pulang gelar. Perancis U-17 masih diunggulkan, tetapi Mali U-17 bukanlah lawan enteng.

Apalagi catatan bahwa benua Afrika menjadi negara paling sukses di Piala Dunia U-17. Les Aigles tentu termotivasi membawa nama Afrika kembali berjaya setelah terakhir pada edisi 205.

Les Bleus bisa saja tersandung. Terlebih, mereka masih punya kelemahan yang belum menemukan solusinya. Penyelesaian akhir masih menjadi masalah plus kesulitan mencetak gol pada babak pertama.

Belum lagi soal mentalitas. Kalau saja Mali U-17 bisa unggul lebih dulu, Perancis U-17 bakal kelimpungan. Pasalnya, anak asuh Jean-Luc Vannuchi tak pernah tampil dalam kondisi tertinggal lebih dulu.

Prakiraan Susunan Pemain

Perancis U-17 (4-3-3): Paul Argney; Yoram Zague, Joachim Kayi Sanda, Bastien Meupiyou, Nhoa Sangui; Ismail Bouneb, Nolan Ferro, Saimon Bouabre; Mohamed-Amine Bouchenna, Joan Tincres, Tidiane Diallo

Pelatih: Jean-Luc Vannuchi

Mali U-17 (4-2-3-1): Bourama Koné; Souleymane Sanogo, Baye Coulibaly, Issa Traore, Moussa Traore; Sekou Kone, Hamidou Makalou; Ibrahim Diarra, Ange Tia, Mahamoud Barry; Ibrahim Kanate

Pelatih: Soumaila Coulibaly