Timnas Indonesia Gagal Dapat Poin Penuh Kontra Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Timnas Indonesia kembali gagal meraih poin penuh pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Pertandingan Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menghadirkan laga antara Filipina vs Indonesia. Laga di Stadion Rizal Memorial itu berakhir dengan skor 1-1.

Digelar pada Selasa, 21 November pukul 18.00 WIB, timnas Indonesia sempat dibuat keteteran di awal-awal laga oleh tuan rumah. Terbukti Filipina lebih dulu mencuri angka dari Skuad Garuda.

Skor 1-0 jadi milik Filipina ketika permainan memasuki menit ke-23. Gol pembuka dibuat oleh Patrick Reichelt usai memanfaatkan kesalahan Skuad Garuda.

Berawal dari kesalahan Jordi Amat, bola bisa direbut dan dikuasai Kevin Ingreso. Umpan terobosan dilepaskan ke depan, diarahkan ke Reichelt yang lolos jebakan offside. Sendirian ke gawang, Reichelt tanpa kesulitan menaklukkan Ernando Ari.

Kebobolan lebih dulu membuat timnas coba mengejar. Namun, pergerakan yang kurang tangkas membuat serangan Indonesia kerap menemui jalan buntu. Sebaliknya, Filipina justru rajin memotong bola di lapangan tengah, untuk kemudian melancarkan serangan balik cepat.

Beberapa kali Indonesia terpaksa membuat pelanggaran guna menghentikan serangan Filipina namuan upaya belum membuahkan hasil karena wasit lebih dulu meniup peluit turun minum.

Lanjut di babak kedua pertandingan bahkan berjalan alot karena kedua tim banyak berduel di tengah lapangan, dan saling membuat pelanggaran. Filipina bahkan diganjar dua kartu kuning meski babak kedua baru berjalan singkat.

Indonesia terus berusaha memegang kendali arah bola dan usaha ini kemudian berbuah manis saat laga berjalan 70 menit. Skor akhirnya berubah menjadi 1-1 lewat eksekusi Saddil Ramdani.

Berawal dari pergerakan individu Ricky Kambuaya yang merangsek ke tengah, sodoran diberikan kepada Saddil yang bebas di sisi kanan kotak penalti Filipina. Bola yang diterima langsung digulirkan Saddil dengan kaki kiri dan ditendang mulus masuk ke gawang Filipina.

Skor bertahan 1-1 meski wasit sempat memberikan tambahan waktu 10 menit. Hasil imbang ini membuat Indonesia berhasil merebut poin perdananya di Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.