Pengamat: Satu Poin Jadi Target Realistis Indonesia Saat Bersua Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Timnas Indonesia saat beradaptasi dengan Stadion Basra Internasional (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA – Pengamat sepak bola Tommy Welly menilai peluang Indonesia untuk menang atas Irak di laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tipis.

Indonesia akan memainkan pertandingan tandang ke markas Irak di Basra International Stadium pada Kamis, 16 November 2023. Sepak mula laga dimulai pukul 21.45 WIB.

Tommy mengatakan di atas kertas Irak adalah lawan yang alot buat Tim Garuda. Karena itu, hasil seri menjadi paling realistis.

"Prediksi menang peluangnya tipis. Saya lebih cenderung melihat kalimat Shin Tae-yong yang mengatakan berusaha meredam dan bukan menaklukan atau mengatasi," ujar Tommy ketika dihubungi oleh VOI.

Sejauh ini Indonesia tercatat sudah 11 kali bersua Irak. Dari catatan pertemuan itu, Skuad Garuda menang dua kali, menelan enam kekalahan, dan tiga pertandingan lain berakhir seri.

Kemudian di peringkat FIFA, posisi Irak dan Indonesia juga bak langit dan Bumi. Saat ini Irak menempati peringkat ke-68, sedangkan Indonesia menghuni tempat ke-145.

Tommy mengatakan bahwa selain pernah juara Asia 2007, rekor juga menunjukkan Irak unggul jauh di atas skuad besutan Shin Tae-yong. Tak heran dia memprediksi Indonesia bakal cenderung defensif pada laga nanti.

"Jadi, saya lihat targetnya satu poin, seri. STY mengatakan akan berusaha meredam artinya saya melihat dari kalimat meredam itu targetnya tidak kalah. Kalau seperti itu prediksinya, harapan kita bisa seri," kata dia.

Indonesia memainkan laga ini setelah mengamankan dua kemenangan beruntun melawan Brunei Darussalam di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Selain melawan Irak, pasukan asuhan Timnas Indonesia akan berjumpa Filipina dan Vietnam. Terdekat ialah bertandang ke Filipina pada 21 November 2023.