Jepang Masters 2023: Pram/Yere Lolos ke Babak Kedua
Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan saat bermain di babak pertama Jepang Masters 2023 (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Pasangan ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan, meraih kemenangan menegangkan untuk lolos ke babak kedua Jepang Masters 2023. Mereka harus tertinggal lebih dulu pada set pertama sebelum membalikkan keadaan. 

Pram/Yere berhasil menghentikan langkah wakil Inggris Ban Lane/Sean Vendy dengan skor 16-21, 21-19, dan 21-17 di Gymnasium Prefektur Kumamoto, Jepang, pada Selasa, 14 November 2023 siang WIB.

Ganda Indonesia itu mengakui bahwa kemenangan mereka diraih tidak mudah. Lane/Vendy bisa memberikan perlawanan sengit.

"Tadi itu pertandingan yang tidak mudah bagi kami. Terbukti kami bermain sampai rubber game. Poinnya juga mepet. Dari segi permainan di gim pertama, kami tertekan terus dan terbawa pola permainan lawan," ujar Yeremia usai laga.

Pada gim pertama, Pram/Yere hanya mampu mengimbangi lawan pada empat poin pertama. Setelah kedudukan sama 2-2, mereka tertinggal sampai kehilangan gim pembuka.

Beruntungnya, Pram/Yere kemudian bisa bangkit pada gim kedua meski berlangsung ketat. Mereka sempat tertinggal dua poin pada interval sebelum memaksa lawan menyerah.

Pada set penentuan, Pram/Yere langsung tancap gas dengan mencetak empat poin beruntun. Lawan lalu mengejar hingga menyamakan keduudukan. Namun, setelah itu Pram/Yere terus memimpin sampai memastikan tiket babak kedua.

"Pada gim kedua, kami mengubah pola permainan dengan lebih menyerang dan berhasil. Sempat kejar-mengejar angka. Namun, kami lebih menguasai permainan depan dan tidak mengangkat bola. Hal serupa terjadi di gim ketiga. Kami pegang kendali permainan," kata Yeremia.

Pada babak kedua nanti, Pram/Yere akan bersua dengan unggulan ketujuh China, Liu Yuchen/Ou Xuanyi. Kedua pasangan belum pernah berhadapan satu sama lain sebelum ini.

"Pada babak kedua, lawan China, kami malah belum pernah bertemu. Kami akan main all-out saja. Apalagi persiapan kami juga sudah cukup," tutur Pram.

Sementara itu, pada pertandingan lain dua ganda putra Indonesia, yakni Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri gagal lolos.

Keduanya kalah melawan wakil Jepang. Hendra/Ahsan kalah dua gim kontra Kenya Mitsuashi/Hiroki Okamura, sedangkan Bagas/Fikri dihentikan oleh Akira Koga/Taichi Saito.

Tiket babak kedua juga gagal didapat ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi yang tumbang di tangan Rin Iwanaga/Kie Nie Nakanishi (Jepang).