Menang Lawan Fiorentina, Juventus Bayangi Inter Milan
Juventus meraih kemenangan penting di laga melawan Fiorentina. (Twitter @juventusfc)

Bagikan:

JAKARTA -Juventus meraih kemenangan penting di kompetisi Serie A Italia. Dalam laga melawan Fiorentina di Stadion Artemio Franchi, Senin, 6 November dini hari WIB, Juve menang tipis 1-0. Kemenangan yang menjadikan Juve membayangi secara ketat pimpinan klasemen Inter Milan.

Laga Fiorentina melawan Juventus sempat mengalami ketidakpastian karena badai yang menyebabkan banjir di sebagian wilayah Florence. Banjir bandang itu mengakibatkan tujuh orang meninggal. Sementara ratusan orang terpaksa mengungsi.

Atas kejadian itu, Walikota Florence Dario Nardella meminta agar pertandngan Fiorentina melawan Juve ditunda. Walikota sudah menghubungi Lega Serie A selaku operator liga dan Menteri Dalam Negeri. Namun permintaan walikota ditolak dan pertandingan tetap dilaksanakan.

Atas keputusan itu, suporter garis keras Fiorentina, Curva Fiesole, melakukan boikot dengan mengosongkan bangku tempat mereka menyaksikan pertandingan.

Selama ini Curva Fiesole selalu bersemangat saat La Viola menghadapi Juve karena rivalitas kedua tim yang juga melibatkan tifosi Viola ultras. Apalagi, Juve pernah 'melakukan kesalahan' dengan membajak para bintang Fiorentina yang selalu memunculkan aksi demonstrasi.

Namun kali ini suporter garis keras memilih meninggalkan laga itu demi membantu korban bencana alam. Mereka memboikot pertandingan yang tetap digelar saat warga di wilayah mereka mengalami penderitaan.

Dalam pertandingan itu, Juve sesungguhnya terlambat panas saat melakukan start. Ini yang menjadikan Fiorentina mampu menguasai permainan.

Hanya saja, Fiorentina yang mampu mendominasi malah kecolongan gol saat laga baru berjalan 10 menit.

Gelandang Fabio Miretti sukses membobol gawang tuan rumah setelah menyambut umpan silang Filip Kostic. Ini merupakan gol pertama Miretti bagi Bianconeri.

Setelah unggul 1-0, Juve tetap berada di bawah tekanan Fiorentina yang mendominasi permainan. Tercatat pemain sayap Nico Gonzalez memaksa kiper Wojciech Szczesny melakukan penyelamatan gemilang.

Selanjutnya Rolando Mandragora yang berhasil mencuri bola dari Federico Gatti yang kemudian memberikan bola kepada Christian Kouame. Namun lagi-lagi, mereka gagal menuntaskan peluang itu.

Setelah sundulan bek Luca Ranieri masih melebar dan tak mengancam gawang Juve, selanjutnya giliran tim tamu yang memberi tekanan.

Namun usaha Moise Kean memperbesar kenggulan saat menyelesaikan serangan balik Federico Chiesa juga masih gagal.

Di babak kedua, Fiorentina tetap bermain menyerang untuk mengejar ketinggalan. Mereka kembali mendapat peluang tetapi gagal menuntaskannya. Skor akhir tetap 1-0 untuk Juve.

Kemenangan itu menjadikan uve tetap bertahan di peringkat dua dengan poin 26. Mereka menjarak jarak poin dengan pimpinan klasemen Inter Milan yang memiliki 28 poin.

Sementara, Fiorentina yang sempat berada di papan atas terus menurun posisinya. Kini, mereka menempati posisi delapan dengan 17 poin.