Bagikan:

JAKARTA - Francesco Bagnaia dari Ducati mengungkapkan bahwa para pebalap MotoGP telah meminta agar Grand Prix Australia dipindahkan ke awal musim setelah cuaca buruk memaksa pembatalan balapan pada  Minggu, 22 Oktober.

Ancaman angin kencang ekstrem pada  Minggu memaksa MotoGP untuk mengubah jadwal akhir pekan Grand Prix Australia, dengan balapan utama – yang dimenangkan oleh Johann Zarco – berlangsung pada  Sabtu, 21 Oktober.

Balapan sprint direncanakan ulang untuk  Minggu pukul 13.00 waktu setempat, tetapi harus dibatalkan setelah kondisi memburuk selama kontes Moto3 dan Moto2.Bahkan di Moto 2 terdapat  10 pembalap mengalami kecelakaan dalam sembilan lap sebelum akhirnya dihentikan.

Gangguan cuaca bukanlah hal yang tidak biasa selama akhir pekan Grand Prix Australia selama musim semi di negara itu. Pemimpin klasemen kejuaraan, Bagnaia, percaya bahwa akan lebih baik jika acara tersebut dipindahkan ke musim panas pada awal tahun.

"Kami meminta itu, tetapi saya rasa sulit dilakukan karena banyak alasan – mungkin karena jadwal Formula 1, saya tidak tahu," kata Bagnaia ketika ditanya apakah akhir pekan ini harus mendesak Dorna dan penyelenggara balapan untuk menggeser acara tersebut ke awal tahun.

"Bagi saya, lebih baik jika kita memindahkan Mandalika dan balapan ini ke awal [musim] karena Phillip Island di musim panas mungkin lebih baik daripada kondisi seperti ini. Mungkin anginnya akan sama, tetapi Anda akan memiliki matahari, suhu yang baik," tambah Bagnaia dikutip dari Motosport.com.

"Hari ini, saat pemanasan, hampir tidak mungkin untuk memanaskan rem depan, dan kami masuk ke tikungan 10 setiap lap tanpa rem. Jadi, suhu juga terlalu rendah," tambahnya. 

Direktur balapan MotoGP, Mike Webb, mengatakan kepada media pada  Minggu bahwa tanggal 20 Oktober tidak akan berubah untuk tahun depan karena "jadwal sudah ditetapkan," sambil mencatat ada "alasan komersial" yang juga berperan.

Salah satunya adalah kesepakatan saat ini antara Australian Grand Prix Corporation dengan Formula 1 yang berlangsung hingga tahun 2035 dan menjamin bahwa acara di Sirkuit Albert Park akan diadakan sebagai salah satu dari tiga balapan pertama dalam satu musim.

"MotoGP memiliki Qatar sebagai balapan pembuka; itu menghalangi Januari atau Februari," kata mantan CEO AGPC, Andrew Westacott. "Kami memiliki Formula 1 pada awal tahun dan kami perlu ruang napas dalam organisasi kami. Selain itu, kami harus memikirkan infrastruktur dan pemasok, dan sebagainya."

"Jadi, waktu yang tepat untuk MotoGP adalah saat ini. Ini adalah waktu yang sangat nyaman bagi kami, dan begitu juga Dorna," tambahnya. 

Qatar tidak menjadi tuan rumah balapan pembuka pada tahun 2023 karena ada pekerjaan trek yang sedang dilakukan, tetapi akan melakukannya pada tahun 2024.

Bagnaia memasuki balapan sprint  Minggu dengan keunggulan 27 poin dalam perburuan gelar setelah finis kedua dalam Grand Prix, sementara rival kejuaraan Jorge Martin finis kelima.

Pebalap pabrikan Ducati mengatakan bahwa dia "sudah bersiap untuk bersaing di posisi teratas" dalam balapan sprint dan bahwa "keseimbangan awalnya positif", meskipun ada peluang kehilangan poin.

Martin dari Pramac setuju bahwa keputusan untuk membatalkan balapan sprint adalah langkah yang tepat. "Itu adalah keputusan manajemen balapan dan kita harus menghormatinya," kata Martin. "Saya merasa nyaman di air dan saya melihat kesempatan untuk mendapatkan poin dalam balapan ini, tetapi sayangnya itu tidak terjadi dan kita harus memikirkan yang berikutnya."

Pebalap asal Australia, Jack Miller, merasa bahwa direktur balapan seharusnya mencoba menjalankan beberapa lap untuk menilai kondisi. "Saya tidak setuju dengan keputusan ini; kita seharusnya setidaknya mencoba beberapa lap," kata Miller kepada DAZN segera setelah balapan sprint dibatalkan saat ia mengunjungi para penggemar di pinggir trek.

"Memang benar bahwa angin kencang, tetapi begitulah adanya. Jika angin kencang di jalan raya, Anda harus terus berkendara. Berhenti untuk menonton balap sepeda dalam kondisi seperti ini tidak mudah. Saya kecewa, tapi semoga kita bisa balapan tahun depan," ucapnya.