Belum Dapat Medali Emas, Tim Perahu Naga Indonesia Pede Bidik Nomor 1000 Meter
Tim perahu naga Indonesia di Asian Games 2023. (Foto: Dok. NOC Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA – Tim perahu naga Indonesia optimistis bisa membawa pulang medali emas dari Asian Games 2023 Hangzhou setelah menyumbang tiga medali perak dan satu medali perunggu sejauh ini.

Medali emas yang bidik adalah dari nomor 1000 meter putra dan putri yang baru dilombakan pada hari ini, Jumat, 6 Oktober 2023. Tim pelatih sudah mengatur ulang strategi untuk mengejar target tersebut.

"Kami berharap di 1000 meter bisa mendapat medali emas. Dari endurance dan strength harus panas sejak awal. Starter awal di 50 meter anak-anak juga harus lebih full power sehingga kita tidak tertinggal jauh. Kita tidak boleh terlambat panas supaya bisa dapat emas," ujar Pelatih Tim Perahu Naga Indonesia Suryadi.

"Peluang ada untuk 1000 meter putra, harusnya bisa dapat hasil lebih baik. Karena dengan hasil ini kami belum puas, target belum didapat. Pecahkan dulu emasnya baru kita puas bisa penuhi target," imbuhnya.

Sebelumnya, tim perahu naga menyumbang medali perak pertama di kelas 200 meter putri usai mencatatkan waktu 54,464 detik, Rabu, 4 Oktober. Dua perak selanjutnya diperoleh dari nomor putra dan putri 500 meter yang berlomba pada hari ini, Kamis, 5 Oktober.

Di nomor 500 meter putra, Indonesia menorehkan waktu 2 menit 09,165 detik atau selisih 0,02 detik dari China sebagai yang tercepat. Sementara itu, di nomor putri harus mengakui keunggulan tuan rumah usai mencatatkan waktu 2 menit 23,190 detik.

Satu-satunya perunggu saat ini direbut tim putra yang turun di nomor 200 meter. Dengan catatan 49,171 detik, Indonesia menjadi yang tercepat ketiga di belakang China dan Thailand.

"Dua hari ini kami sudah menyelesaikan 200 dan 500 meter. Untuk 200 meter kami dapat satu perak dan perunggu, memang itu sudah maksimal sesuai strategi kami," kata Suryadi.

"Untuk target kami ada di medali emas, dan harapan itu belum kami dapatkan di 500 meter di mana kami close finish kalah dari China dengan selisih hanya, 0,02 detik close. Secara kasat mata kami memang unggul, tapi setelah diperlihatkan foto finish, kani kalah," tambah dia.

Hingga saat ini, Indonesia berada di peringkat 12 klasemen sementara dengan perolehan 6 medali emas, 10 perak dan 16 perunggu. Indonesia ditargetkan membawa pulang 12 medali emas dari ajang empat tahunan ini.