Bagikan:

JAKARTA - Anthony Sinisuka Ginting berhasil mengalahkan Wang Tzu Wei untuk mengamankan tempat di babak 16 besar Asian Games 2023. Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia itu menang dua gim langsung dengan skor 21-16 dan 21-11. 

Pada pertemuan di babak 32 besar di Binjiang Gymnasium, Selasa 3 Oktober pagi WIB, Ginting tampil meyakinkan sejak awal gim pertama. Ginting langsung tancap gas meninggalkan Wang Tzu Wei dengan jarak 4-1.

Meski sempat terkejar lawan tapi Ginting kembali unggul dan membuat jarak aman. Ia berhasil menyudahi interval pertama dengan unggul 11-19.

Setelah jeda Ginting terus berusaha menjaga keunggulan dengan baik. Reli panjang yang dimenangkan Ginting membuat kedudukan menjadi 14-12.

Dengan jarak poin yang tipis, Ginting terus berusaha menguasai permainan dengan baik. Beberapa kali Wang Tzu Wei mendapat poin tapi belum mampu mengungguli Ginting yang akhirnya menguasai gim pertama dengan skor 21-16.

Pada gim kedua, Ginting mengulang kesuksesan sebelumnya dengan menguasai empat poin awal. Walaupun setelah itu permainan Wang Tzu Wei membaik, Ginting bisa tetap menguasai keadaan. 

Serangan-serangan dan variasi pukulan Ginting membuat Wang Tzu Wei kerepotan dan sering mati langkah. Situasi ini kembali jadi milik Ginting yang berhasil memimpin lima angka 11-6 di interval gim kedua.

Sempat kehilangan dua poin usai interval, Ginting lalu kembali mengembalikan momen. Tak tanggung-tanggung, pemain asal Cimahi ini mampu menciptakan selisih tujuh angka pada kedudukan 16-9. 

Jauhnya jarak poin ini membuat Ginting bisa terus menciptakan tekanan ke Wang Tzu Wei. Smes keras Ginting ke sisi backhand dalam rangkaian serangan beruntun yang ia lakukan kemudian berhasil membuat skor berubah jadi 18-9.

Ginting merebut match point pada kedudukan 20-10 lewat drop shot yang membuat Wang Tzu Wei tak mampu menjangkau shuttlecock. Gagal di kesempatan pertama, Ginting menutup pertandingan dengan kemenangan 21-11 setelah smes miliknya tak bisa dikembalikan lawan.