Bagikan:

JAKARTA - Pada  Minggu 24 September sore di kompetisi Liga Inggris, penyerang Liverpool, Mohamed Salah, sekali lagi mencetak rekor saat timnya mengalahkan West Ham United 3-1.

Pasukan Jurgen Klopp memperpanjang catatan kemenangan mereka di semua kompetisi menjadi enam pertandingan dengan kemenangan atas West Ham.  Salah, yang berasal dari Mesir, kembali membuka skor untuk tuan rumah.

Gol Salah terjadi dalam 20 menit pertama pertandingan ketika Luis Diaz mengirimkan umpan ke dalam kotak. Kemudian  pemain berusia 31 tahun itu mengendalikan bola dan melesat menuju gawang.

Namun, kemajuan Salah terhenti oleh Nayef Aguerd dari West Ham, yang menjatuhkan pemain Liverpool tersebut. Hal ini memberikan kesempatan kepada Liverpool untuk unggul melalui titik penalti di awal pertandingan.

Dengan tenang, Salah berhasil menjalankan eksekusi penalti, mengirimkan kiper West Ham, Alphonse Areola, ke arah yang salah dan menjadikan Liverpool unggul setelah 16 menit berlalu.

Dengan pencapaian ini, mantan pemain Chelsea tersebut menjadi pemain pertama dalam sejarah Premier League yang mencetak atau membantu gol dalam 12 pertandingan berturut-turut dua kali.

Salah pertama kali mencapai pencapaian luar biasa ini antara Agustus dan Desember 2021, saat Liverpool mengakhiri musim 2021-22 sebagai runner-up. Ia hanya berselisih satu poin dari tim juara, Manchester City.

Kali ini, pemain asal Mesir ini mencatatkan 12 kontribusi gol berturut-turut dalam laga yang berbeda, dengan kontribusi pertamanya dalam rangkaian ini adalah penalti dalam kemenangan 4-3 melawan Tottenham Hotspur pada 30 April.

Liverpool tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan tersebut, dengan sembilan kemenangan dan tiga kali imbang. Saat ini, The Reds telah menjalani enam pertandingan tanpa kekalahan di awal musim 2023-24.

Salah juga telah mencatatkan sejumlah rekor dalam Premier League, termasuk melewati rekor 104 gol milik Didier Drogba untuk menjadi pemain Afrika dengan gol terbanyak sepanjang masa di liga Inggris.

Setelah gol Salah dari titik penalti melawan West Ham, Jarrod Bowen berhasil menyamakan kedudukan untuk tim tamu menjelang akhir babak pertama, namun gol-gol dari Darwin Nunez dan Diogo Jota memastikan kemenangan tiga poin bagi pasukan Klopp.

Sejak hasil imbang 1-1 di Stamford Bridge melawan Chelsea di awal musim, Liverpool telah menikmati catatan enam kemenangan berturut-turut, termasuk kemenangan 3-1 atas LASK dalam pertandingan pembuka Liga Europa mereka pada Kamis.

Saat ini, Liverpool menempati posisi kedua dalam klasemen Premier League setelah mengumpulkan 16 poin dari enam pertandingan pertama, hanya terpaut dua poin dari pemimpin, Manchester City, yang masih mempertahankan catatan 100% kemenangan.

Salah akan berusaha memperpanjang catatan gol berturut-turutnya menjadi 13 pertandingan ketika Liverpool berkunjung ke North London untuk menghadapi Tottenham Hotspur yang diasuh Ange Postecoglou pada  Sabtu depan.