GP F1 Jepang Tercecer di Kualifikasi, Lewis Hamilton Salahkan Mercedes
DOK FOTO via Instagram @lewishamilton

Bagikan:

JAKARTA – Lewis Hamilton menyalahkan konsep mobil F1 Mercedes sebagai penyebab mereka tercecer di kualifikasi Grand Prix Formula 1 Jepang pada hari ini.

Mobil tim Mercedes yang dikendarai Hamilton dan George Russell hanya bisa menyelesaikan kualifikasi di posisi ketujuh dan kedelapan. Dengan demikian, keduanya akan start dari baris keempat pada balapan yang digelar hari Minggu (24/9) di Sirkuit Suzuka.

Hamilton sendiri tertinggal satu detik dari peraih pole position, Max Verstappen, dengan sebagian besar defisit Mercedes terjadi di sektor pertama.

Juara dunia tujuh kali itu yakin permasalahan Mercedes di sektor pertama berkaitan langsung dengan konsep mobilnya yang menurutnya perlu diubah untuk musim 2024.

“Setiap akhir pekan yang kami jalani, dari tiga hari setidaknya ada satu hari buruk. Keseimbangannya tidak terasa bagus kemarin, kami melakukan beberapa perubahan dan kerja bagus dalam semalam, dan secara umum mobil terasa sangat bagus hari ini. Mobilnya enak untuk dikendarai melalui P3, jadi saya merasa jauh lebih percaya diri,” ujar Hamilton dikutip dari crash.

“Kemudian di kualifikasi saya memberikan segalanya kecuali defisit tujuh persepuluh yang kami alami di sektor satu, semuanya di bagian belakang. Mobil kami memiliki banyak muatan di bagian depan dan tidak sebanyak yang kami perlukan di bagian belakang.”

“Jadi kita masih jauh dari hal itu dan bagi saya konsepnya 100 persen jelas dan kita harus memastikan bahwa kita mengubahnya untuk tahun depan, dan semoga saja kita akan mengubahnya,” tambah Hamilton.

Pebalap Inggris ini menegaskan, kesenjangan besar dengan tim-tim lain harus diatasi untuk menghadapi musim depan. Dia menyebut perubahan yang dilakukan tim Aston Martin pada musim ini bisa menjadi contoh yang bagus.

“Anda bisa melihat apa yang dilakukan Astons di tahun ini, sehingga Anda dapat mengambil langkah besar. Anda juga telah melihat apa yang dilakukan McLaren tahun ini dengan menempuh rute Red Bull, mereka kini berada di depan kami di trek seperti ini. Saya hanya berharap untuk balapan yang lebih baik besok,” kata Hamilton soal kansnya di GP F1 Jepang.