Bagikan:

JAKARTA – Pebalap tim Mooney VR46 Ducati, Marco Bezzecchi berhasil meraih pole position MotoGP India setelah mencatat waktu tercepat dalam sesi kualifikasi di Sirkuit Internasional Buddh, Sabtu, 23 September, siang WIB.

Pebalap-pebalap Ducati juga tampil dominan untuk menguasai grid terdepan. Selain Bezzecchi di posisi pertama, Jorge Martin (Pramac Ducati) dan juara dunia Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) akan mengawali balapan dari posisi dua dan tiga.

Sementara rekan setim Bezzecchi, Luca Marini, berada di posisi keempat.

Di baris kedua, ada Joan Mir (Repsol Honda) di urutan kelima yang menggungguli rekan setimnya, Marc Marquez. Duo pebalap Honda akan start di depan Johann Zarco, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales.

Aleix Espargaro yang sempat dibuat kecewa oleh tim Aprilia-nya ketika harus terjebak menunggu di ujung pit lane setelah dikeluarkan dari pit meski awal sesi ditunda. Pebalap Spanyol itu akhirnya harus puas menempati posisi kesepuluh di sesi kualifikasi.

Nasib sial dialami Alex Marquez yang dinyatakan tidak fit untuk sisa rangkaian pelaksanaan MotoGP India setelah mengalami patah tulang rusuk ganda di kualifikasi.

Pebalap Gresini Ducati itu baru saja merebut posisi dua teratas di Kualifikasi 1 saat melakukan highside dari Desmosedici-nya dan langsung terlihat memegang dada kirinya. Dibantu oleh marshal, Marquez melewatkan Kualifikasi 2 saat berada di pusat medis dan kini telah dibawa ke rumah sakit setempat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Selain Marquez, pebalap lain yang absen di MotoGP India adalah Enea Bastianini yang mengalami patah tangan dan pergelangan kaki saat terjadi tabrakan beruntun dengan banyak pebalap di Catalunya.