Bagikan:

JAKARTA - Setelah jeda internasional yang panjang, Barcelona akhirnya kembali bertanding. Mereka memulai bulan penting ini dengan pertandingan La Liga  melawan Real Betis di Stadion Olimpiade Montjuïc pada Sabtu malam, atau Minggu 17 September dini hari WIB.

Blaugrana masuk ke pertandingan ini setelah memulai musim tanpa kekalahan, dengan mengumpulkan 10 poin dari empat pertandingan. Mereka juga mencoba menghadapi jendela transfer yang kacau serta banyak cedera dan suspensi. Tapi debu telah mereda, tidak ada yang kembali cedera dari jendela internasional, dan musim ini akhirnya benar-benar dimulai bagi juara bertahan La Liga itu.

Tentu saja, memperebutkan gelar liga kedua mereka adalah prioritas untuk Barça, tetapi semua orang yang terlibat dengan klub ini tahu betul seberapa penting Liga Champions musim ini. Xavi Hernández telah membuktikan bahwa dia dapat menangani skuad yang kurang terlatih dan di bawah performa dalam setiap aspek. Namun ia dapat mengubahnya hingga mereka dapat mendominasi liga domestik. Sayang pelatih ini belum membuktikan dirinya dalam permainan kontinental.

Barça belum lolos ke babak gugur dengan Xavi sebagai pelatih dan terdepak dari Liga Europa dengan cara yang menjengkelkan dan memalukan dalam dua musim terakhir. Kini berada di grup yang relatif mudah kali ini, Blaugrana harus lolos di posisi pertama tanpa ribet. Laga pembuka melawan Royal Antwerp hanya beberapa hari lagi, tetapi ada ujian berat yang harus dihadapi sebelum mendengar lagi "lagu kebangsaan" klub ini diyanyikan pendukunga.

Meskipun tidak sehebat saat dilatih oleh Manuel Pellegrini, Betis tetap menjadi salah satu tim terbaik dan paling kompetitif di La Liga. Kemampuan menyerang dan pertandingan berujung gol telah perlahan-lahan menghilang sejak awal tahun 2022. Namun  Verdiblancos tidak pernah kehilangan keunggulan kompetitif dan organisasi bertahan yang selalu dibawa oleh Pellegrini ke timnya.

Mereka telah memulai musim dengan kuat, dengan hanya satu kekalahan dan mengumpulkan 8 poin dari empat pertandingan pembukaan mereka dalam jadwal yang sulit untuk memulai kampanye musim ini.  Bersama mantan pemain timnas Spanyol, Isco, mereka menemukan performa terbaiknya lagi. Apalagi sejumlah mantan pemain Barça dalam skuad mereka. Terbaru mereka menarik Ez Abde yang ditandatangani pada Hari Batas Waktu Transfer. Betis berjanji akan kembali membuat kehebohan musim ini.

Kedua tim ini selalu memainkan pertandingan yang sangat menghibur, terutama di Catalonia, dan Minggu ini seharusnya tidak berbeda. Pemain depan Barça semua dalam kondisi bagus, dan Betis tidak akan duduk diam dan memarkir bus seperti banyak tim yang melakukan kunjungan ke Catalans.

Barça biasanya tidak bermain bagus dalam pertandingan pertama setelah jeda internasional. Sementara Betis memiliki cukup kekuatan untuk mengejutkan mereka jika Blaugrana tampil kurang bagus. Jadi pertandingan ini bisa menjadi seru dan mungkin menjadi pertandingan terbaik akhir pekan ini di Spanyol.

Pemain Barcelona Absen dan Meragukan: Pedri, Ronald Araujo (absen), Andreas Christensen, Ilkay Gündogan (ragu)

Pemain Real Betis Absen dan Meragukan: Nabil Fekir, Andrés Guardado, Claudio Bravo, Aitor Ruibal, William Carvalho, Youssouf Sabaly (absen).