Bagikan:

JAKARTA - Turnamen golf bertaraf internasional, Indonesian Masters 2023 akan kembali bergulir. Di tahun ini akan ada 144 pegolf dari seluruh dunia yang akan memeriahkan acara pada 16-19 November.

Bergulir untuk ke-11 kalinya di Indonesia, Royal Golf Club kembali dipercaya menjadi venue turnamen yang memperebutkan hadiah sebesar 11,5 US dollar (Rp23 miliar). Berulang kali digelar di venue yang sama, Indonesian Masters 2023 terus berinovasj menghadirkan gebrakan baru untuk menggaet penonton lebih banyak lagi.

Hal ini seperti diungkap oleh Jimmy Masrin selaku founder Indonesian Masters 2023. Ia mengatakan pihak peyelenggara telah menyiapkan inovasi khusus.

Baginya ajang ini bukan cuma sebagai kompetisi golf semata, tapi juga diharap bisa menjadi sarana untuk mengekspos Indonesia di mata dunia.

“Tentu saja kita mau ada gimmick-gimmick supaya banyak penonton yang datang, banyak penonton yang menyaksikan di TV. Mungkin kami juga akan coba tayangnya di local TV, itu kami lagi diskusi supaya semua orang bisa datang, bisa hadir dan enjoy the event,” tutur Jimmy saat konferensi pers di Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu, 13 September.

"Itu (bentuk gimmick yang dimaksud) misalnya kita ada food stall, ada sponsor-sponsor stall di situ (di area kompetisi), ada untuk daya tariknya kan. Ada juga academy di sana untuk para pemain kasih lesson kepada anak-anak muda,” tambah Jimmy.

Ambisi Jimmy meningkatkan kualitas Indonesian Masters 2023 bukan tanpas sebab. Naiknya status turnamen ini menjadi International Series sejak tahun lalu jadi pemicu utamanya.

“Tiap tahun kita berusaha meningkatkan (penyelenggaraan). Tahun ini kita juga terbebani untuk membuat suatu turnamen yang lebih baik. Apalagi sekarang kita harus bersaing dengan International Series di negara lain,” tutur Jimmy.

“Jadi tujuan utama acara ini adalah untuk mengekspos Indonesia sebagai negara yang cocok bagi para golfer. Mudah-mudahan kalau kita bisa menyelenggarakaan acara dengan baik, maka akan kelihatan juga di tayangan,” tandasnya.

Untuk agenda Indonesian Masters 2023 ini akan ada 144 pegolf yang bakal turun berpartisipasi dalam ajang tersebut. Indonesia sebagai tuan rumah mendapat 12 slot yang nantinya masih harus melewati proses seleksi.

“Event golf biasanya diikuti 144 pemain. (Jumlah) itu bisa naik, bisa turun, tergantung event dan cuaca. Akan tetapi, kali ini kita (diikuti) 144 pemain,” beber Jimmy soal partisipasi atlet di ajang Indonesian Masters 2023.

“(Atlet golf) Indonesia akan dapat 12 spot akan diambil dari urutan PGATI,” tandasnya.