Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, memenangi balapan Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Italia di Sirkuit Monza, Minggu, 3 September. Kemenangan ini membawa Verstappen kepada rekor baru.

Pebalap asal Belanda itu meraih 10 kemenangan beruntun di F1 2023. Dia menjadi pebalap dengan kemenangan beruntun terbanyak selama satu musim.

Verstappen mematahkan rekor Sebastian Vettel bersama Red Bull di tahun 2013. Saat itu dia memegang sembilan kemenangan berturut-turut.

"Sejujurnya saya tidak mengira (meraih rekor kemenangan 10 berturut-turut) itu adalah hal yang mungkin," kata Verstappen dalam wawancara singkat usai balapan, seprti dikutip Antara.

Kemenangan di Monza juga memperpanjang dominasi Red Bull yang mencatatkan kemenangan ke-14 secara beruntun. Tim asal Austria telah melewati rekor McLaren yang pernah 11 kemenangan berturut-turut di tahun 1988.

Kesuksesan Red Bull di Sirkuit Monza, dengan Sergio Perez yang finis di posisi kedua. Dia memiliki margin dari sang pebalap Belanda sebesar 6,064 detik.

Finis 1-2 itu merupakan yang keenam kalinya bagi Red Bull di F1 musim ini.

Sementara, podium ketiga ditempati pebalap Ferrari, Carlos Sainz. Dia terpaut 11,193 detik dari Verstappen.

"Balapan hari ini sangat sulit. Tapi saya berharap para penggemar menikmatinya," kata Sainz.