Bagikan:

JAKARTA - Liverpool menjalani pertandingan yang luar biasa pada lanjutan Premier League Inggris 2023/2024, Minggu, 27 Agustus. Sempat tertinggal 0-1, The Reds bangkit untuk meraih kemenangan 2-1 atas tuan rumah Newcastle United.

Dua gol Liverpool di St James Park dicetak pemain pengganti Darwin Nunez. Gol pertama tercipta pada menit ke-81, sedangkan gol kedua dicetak Nunez pada menit ke-90+3.

Luar biasanya lagi, Liverpool melakukan comeback setelah bermain dengan 10 orang sejak menit ke-28. Sang kapten, Virgil van Dijk, langsung diganjar kartu merah karena dianggap melakukan pelanggaran berat terhadap Aleksander Isak.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku tak menyangka timnya bisa melakukan ini. Dia menyebut, ini pertama kalinya dalam 1000 pertandingannya sebagai pelatih atau manajer.

"Saya pikir dalam 1.000 pertandingan saya sebagai pelatih atau manajer, saya belum pernah menjalani pertandingan seperti ini, itulah kenyataannya," ujar Klopp dalam laman resmi klub.

"Bukannya kami tidak pernah membalikkan keadaan, kami melakukan itu, tapi 10 orang dalam atmosfer seperti ini melawan tim seperti ini. Bukan berarti saya tidak dapat mengingatnya, saya cukup yakin hal itu tidak pernah terjadi karena momen-momen seperti ini jarang terjadi dan super spesial," lanjutnya.

Pria asal Jerman itu menilai, anak asuhnya memang pantas untuk mendapatkan kemenangan ini. Dia melihat timnya bermain lebih baik dengan 10 pemain.

"Kami memberi Newcastle pertarungan yang layak. Sebelumnya, keadaan agak liar, tentu saja, keuntungan bagi Newcastle dengan skor 1-0. Kami tidak bermain cukup tenang, kami merasa berada di bawah tekanan ketika kami tidak perlu melakukannya," tutur mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

Dengan hasil ini, Liverpool nangkring di posisi keempat klasemen sementara Premier League Inggris dengan tujuh poin. Mereka hanya terpaut dua poin dari Manchester City yang sukses memenangi tiga laga awal musim 2023/2024.