Bagikan:

JAKARTA – Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Thailand pada babak semifinal Piala AFF U-23 2023. Pasukan Garuda dalam posisi yang sangat siap tempur.

Pertandingan panas ini akan digelar di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Kamis, 24 Agustus malam. Kick off atau sepak mula pertandingan ini akan dilakukan pada pukul 20.00 WIB.

"Kami akan melakukan yang terbaik, dan bermain dengan cara yang sebaik mungkin untuk laga," kata pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, dilansir dari situs resmi PSSI.

"Saya melihat beberapa pertandingan yang dilakukan Thailand, saya juga melihat pertandingan dari Malaysia. Saya pikir, Thailand memiliki skuad bagus di turnamen ini diantara semua peserta yang ada," tutur pria asal Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal dengan predikat sebagai runner-up grup terbaik. Indonesia mengumpulkan tiga poin atau unggul dari Kamboja dan Filipina yang mengoleksi satu poin di klasemen runner up.

Indonesia yang berada di Grup B bersama Malaysia dan Timor Leste, mengamankan satu kemenangan dari dua laga. Kemenangan itu didapat pada saat berhadapan dengan Timor Leste.

Sebelum kemenangan itu, Indonesia terlebih dahulu menelan kekalahan melawan Malaysia. Hasil yang membuat Garuda harus menunggu semua laga penyisihan grup selesai untuk memastikan tiket semifinal.

Kepastian mencapai semifinal baru didapat oleh Indonesia pada Selasa, 22 Agustus malam setelah Malaysia mengalahkan Timor Leste dan Vietnam berhasil mengalahkan Filipina.

Hasil itu membuat Indonesia mempertahankan posisi di klasemen runner up terbaik. Ini karena sesuai regulasi, kemenangan Kamboja atas Brunei Darussalam tidak dihitung.

Ini karena hanya Grup A yang dihuni oleh empat tim sehingga kemenangan atas tim juru kunci tidak hitung. Sementara itu, Grup B dan Grup C diisi oleh tiga tim saja.

Berbeda dengan Indonesia, Thailand melangkah ke babak semifinal setelah menjadi yang terbaik di Grup A. Mereka sukses mengoleksi poin maksimal dari tiga pertandingan fase grup.

"Tentu kami sedang mempersiapkan taktik untuk lawan Thailand, semoga nanti hasilnya positif," ujar bek Timnas U-23, Kadek Arel.