Pelatih Legendaris Carlo Mazzone Berpulang, Pirlo dan Totti Berduka dan Merasa Banyak Berhutang Budi
Pelatih legendaris italia, Carlo Mazzonne. (Twitter/@Pirlo_official)

Bagikan:

JAKARTA - Sepak bola Italia berduka karena kehilangan Carlo Mazzone. Pelatih era 90-an itu meninggal dunia di usia 86 tahun pada Sabtu, 19 Agustus waktu setempat. 

Kepergian Carlo Mazzone ternyata juga menjadi duka mendalam bagi Andrea Pirlo dan Francesco Totti. Meski di masa kepelatihannya hingga 2006 Mazzone belum pernah meraih Scudetto, tapi ia punya peran penting dalam menemukan dan membentuk bakat Pirlo serta Totti. 

Pirlo dan Totti masa muda merasakan momen bermain di bawah asuhan Mazzone. Pirlo tumbuh sebagai pemain deep lying playmaker saat di Brescia dan Totti di posisi trequartista di AS Roma.

Tak salah jika kemudian Mezzone bisa dikatakan sebagai pelatih yang punya andil dalam menciptakan sentuhan permainan apik Pirlo dan Totti. Atas kepergian sang pelatih, Pirlo turut berduka dan merasa berhutang pada mendiang Mazzone. 

"Aku berhutang banyak padamu. Aku bangga telah bertemu dengan kamu dan kamu telah membuat aku tumbuh sebagai seorang pria dan sebagai pesepak bola. Sekali lagi terima kasih untuk semuanya, Carletto," tulis Pirlo di akun Instagram pribadinya dikutip Senin, 21 Agustus.

Hal serupa juga diutarakan Totti, lewat media sosialnya Totti mengiringi kepergian Mazzone dengan ucapan terimakasih atas jasa yang dilakukannya semasa menjadi pelatih.

“Kamu ada dan akan selalu ada di hatiku. Terima kasih atas semua yang telah kamu lakukan untukku,” tulis Totti di Instagram pribadi.

Mazzone memulai karier kepelatihan dengan membesut Ascoli pada 1968. Selanjutnya Mazzone terus melanjutkan dan mengabdikan diri hingga akhir karirnya sebagai pelatih Italia dengan membesut klub-klub seperti Fiorentina, Napoli, Brescia, AS Roma, Bologna, Perugia sampai terakhir di Livorno.