Bagikan:

JAKARTA – Sean “Suga” O’Malley menjadi juara baru kelas bantam UFC, setelah menekuk Aljamain Sterling lewat kemenangan TKO ronde 2. Duel O’Malley vs Sterling digelar dalam ajang UFC 292 di TD Garden, Boston, Massachussets, Amerika Serikat, Sabtu malam 19 Agustus 2023 atau Minggu pagi di Indonesia.

O’Malley menjatuhkan Sterling lewat sebuah straight kanan yang telak menghajar dagu petarung asal New York tersebut. Sterling terjerembab dengan wajah terlebih dahulu. Dia berusaha bertahan, namun gempuran ground and pound O’Malley membuat Sterling tak berdaya.

Wasit Marc Goddard tak punya pilihan, selain menghentikan duel demi menyelamatkan Sterling dari hal-hal fatal. O’Malley pun dinobatkan sebagai pemenang, dan berhak atas gelar juara kelas bantam (61 kg) UFC.

“Rasanya senang sekali, sangat senang. Jujur saja, saya sebenarnya merasa gugup sebelum laga, dan ini perasaan paling gugup yang pernah saya alami. Di mata saya, Aljamain adalah petarung kelas bantam terhebat, namun saya berusaha percaya diri karena tahu ada senjata ampuh di tangan kanan. Hanya perlu satu kesalahan kecil untuk mendaratkan pukulan andalan saya, dan itu terjadi pada Aljamain,” kata O’Malley dikutip The Independent.

Sterling yang sebelumnya adalah juara bertahan, secara sportif mengakui kehebatan suksesornya itu.

“Sean jauh lebih hebat dari yang saya duga. Dia bertarung sangat bagus, memasang jarak, dan sangat sulit digapai. Tidak ada kata selain saya menaruh hormat pada dia. Dia berhasil mengejar mimpinya dengan cara yang luar biasa,” kata Sterling.

Lewat kekalahan tersebut, Sterling (34 tahun) menderita kekalahan keempat dalam 27 kali duel. Sementara O’Malley (28 tahun) menambah rekor kemenangannya dengan 17 kali menang, 1 kalah, dan 1 no contest.