Bagikan:

JAKARTA – Ganda putra Indonesia,  Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, lolos ke babak perempat final Australian Open 2023 setelah menghentikan wakil Taiwan, Chiang Chien-Wei/Wu Hsuan-Yi.

Peringkat satu dunia itu melewati babak 16 besar berkat kemenangan dua gim langsung 21-10 dan 21-10 di Quay Centre, Sydney, Australia, Kamis, 3 Agustus 2023 petang WIB.

"Bersyukur bisa tampil baik dan menang. Dari awal main, kami memang lebih siap. Lawan juga punya speed dan power yang bagus. Itu yang harus diantisipasi. Cuma, dari awal kami terus menekan lawan agar tak berkembang," kata Rian setelah laga.

Fajar/Rian selanjutnya akan menghadapi pasangan dari Korea yakni Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae. Pasangan unggulan kedelapan ini lolos ke delapan besar setelah mengalahkan wakil Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin.

Dari nomor ganda putra, Fajar/Rian adalah satu dari dua pasangan yang mencapai perempat final ajang Super 500 BWF ini. Tiket lainnya didapat pasangan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.

Pram/Yere mendapat tiket setelah mengalahkan kompatriot mereka Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Selain Leo/Daniel, langkah pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga ikut terhenti.

Sementara itu di pertandingan lain, satu-satunya tunggal putri Indonesia yang tersisa Komang Ayu Cahya Dewi juga dipastikan pulang. Dia kalah dua gim dari unggulan kedelapan asal Jepang, Aya Ohori.

Komang mengatakan bahwa sebagai pengalaman pertama di ajang Super 500 BWF ia bersyukur perjalanannya bisa mencapai babak kedua. Ia menyebut, perjalanan di Australia Open akan menjadi bekalnya buat mengasah kemampuan.

"Meski hasilnya kalah di babak kedua, saya tetap bersyukur karena saya bisa tampil untuk pertama kali di turnamen level super 500. Saya di sini bisa bertemu dan melawan pemain yang lebih senior dan punya pengalaman lebih banyak," ujar Komang.

"Saya jadi tahu di sisi mana yang harus dibenahi. Yang pasti masih banyak kekurangannya. Saya juga paham di mana kurangnya yang harus diperbaiki. Saya harus tetap berlatih lebih keras lagi agar bisa lebih siap lagi menghadapi kejuaraan selanjutnya," ia menambahkan.

Kekalahan juga dirasakan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi. Pasangan ini dihentikan oleh ganda Jepang Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto.