Henderson Pergi, Virgil van Dijk Jadi Kapten Baru Liverpool
Bek Liverpool, Virgil van Dijk. (Foto: Twitter/@LFC)

Bagikan:

JAKARTA – Liverpool mengumumkan kapten baru mereka pada Selasa, 1 Agustus 2023, di tengah-tengah kesibukan mereka menjalani pramusim di Singapura. Virgil van Dijk resmi ditunjuk sebagai kapten baru Liverpool menyusul kepergian Jordan Henderson ke klub Arab Saudi.

Klub berjuluk The Reds itu juga resmi menunjuk Trent Alexander-Arnold sebagai wakil kapten setelah James Milner pergi untuk bergabung dengan Brighton pada awal musim panas ini.

"Ini hari yang sangat membanggakan bagi saya, istri saya, anak-anak saya, keluarga saya. Itu adalah perasaan yang istimewa dan saya tidak bisa menggambarkannya pada saat ini, tetapi itu sesuatu yang sangat, sangat saya banggakan," ujar Van Dijk dikutip dari situs Liverpool.

Pesepak bola berusia 32 tahun, yang tiba di Anfield dari Southampton pada tahun 2018 itu, telah membuat 222 penampilan untuk The Reds.

Jabatan kapten ini bukan hal baru buat Van Dijk karena dia juga menjalankan peran yang sama tersebut di tim nasional Belanda.

Van Dijk naik pangkat setelah menjadi kapten ketiga Liverpool di musim lalu di bawah Henderson dan James Milner.

Henderson dan Milner resmi pergi sebagai bagian dari perombakan lini tengah tim saat Jurgen Klopp ingin membangun kembali skuad setelah musim lalu finis di peringkat lima Liga Primer.

Hasil yang membuat klub gagal lolos ke Liga Champions Eropa untuk pertama kalinya sejak 2016.

"Tahun lalu merupakan tahun yang sangat mengecewakan. Itu sebenarnya bukan perjalanan yang buruk. Namun, akhirnya kami tidak mencapai apa pun yang kami harapkan dan itu sangat mengecewakan," kata van Dijk.

Naby Keita dan Roberto Firmino juga telah pergi dari klub. Nama-nama itu adalah pemain yang menjadi bagian dari skuad pemenang gelar Liga Premier Inggris pada tahun 2020 lalu.

Sebagai gantinya Liverpool merekrut gelandang pemenang Piala Dunia bersama Argentina, Alexis Mac Allister serta pemain internasional Hongaria, Dominik Szoboszlai, dari RB Leipzig.