Sirkuit Mandalika Gelar ARRC dan MotoGP 2023 pada Agustus dan Oktober
Sirkuit Mandalika, venue balapan MotoGP. (Dok. Situs resmi MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Asia Road Racing Championship (ARRC) akan diselenggarakan di Indonesia tepatnya di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tak lama berselang ajang balap bergengsi lainnya, MotoGP 2023 juga akan digelar di lokasi yang sama.

Untuk event ARRC yang digelar di Sirkuit Mandalika nanti akan menjadi round ke-4 di musim ini. Agenda itu akan berlangsung pada 11-13 Agustus 2023. Sedangkan agenda MotoGP 2023 di Indonesia merupakan seri ke-15 dan akan diselenggarakan pada 13-15 Oktober 2023.

ARRC merupakan ajang balap motor sport di level Asia Pasifik yang 20 persen pebalapnya merupakan pebalap Indonesia. Dengan latar belakang itu, penampilan di round ke-4 ini bisa menjadi angin segar bagi pebalap Indonesia untuk bisa unjuk gigi di Tanah Air.

Ajang ARRC dan MotoGP yang akan digelar di Sirkuit Mandalika menjadi momentum apik bagi Indonesia, apalagi untuk gelaran MotoGP ini adalah kali kedua mereka menghadirkan tantangan bagi pebalap di lintasan yg didesain seperti bentuk Kuda Lumping itu.

Gelaran ARRC dan MotoGP di Sirkuit Mandalika bulan Agustus dan Oktober mendatang terselenggara berkat kerjasama yang dijalin Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Mereka juga berkolaborasi dengan Kementerian BUMN RI, Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney.

Terkait agenda balap bertaraf internasional ini, Menteri BUMN  Erick Thohir menyebut itu akan menjadi momen penting dalam rangka memperkenalkan dan mengumumkan persiapan kejuaraan balap motor paling bergengsi di Asia dan dunia.

“Tahun ini, event Asia Road Racing Championship (ARRC) dan MotoGPTM 2023 diharapkan akan menjadi musim yang penuh dengan aksi balap menegangkan, dan pencapaian gemilang dari para pebalap terbaik Asia dan dunia,” ujar Erick Thohir dalam keterangan, Kamis 13 Juli.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Injourney Dony Oskaria mengatakan, “Penugasan kepada MGPA di bawah naungan dan pengawasan ITDC & InJourney sebagai penyelenggara event ARRC dan juga MotoGP merupakan suatu kebanggaan sekaligus sebuah tanggung jawab besar yang akan dilakukan semaksimal mungkin sehingga dapat berjalan dengan sukses.”