Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Repsol Honda MotoGP, Marc Marquez, rupanya punya ingatan yang baik tentang Indonesia. Sempat beberapa kali menginjakan kaki di Tanah Air, Marquez sampai punya makanan kesukaan dan kenangan dengan Sirkuit Mandalika. 

Hal tersebut diungkap Marquez saat menjalani tes pegetahuan soal Indonesia yang dilakukan Repsol Honda. Dalam video singkat yang dibagikan di Instagram resmi tim, Marquez disodori sejumlah foto soal Indonesia dan harus memberikan jawaban. 

Dikutip pada Selasa, 11 Juli, soal pertama yang harus dijawab Marquez adalah ketika disodori foto dirinya bersama Presiden Joko Widodo. Rupanya sang pebalap asal Spanyol ini ingat bahwa foto itu merupakan momen bersama orang nomor satu Indonesia, tapi Marquez tak ingat kapan foto itu diambil. 

“Saya pikir ini (foto) tahun 2021. Saya tidak ingat tahunnya tetapi ini adalah Presiden Indonesia,” kata Marc Marquez sumringah.

Selanjutnya ada foto lain yang ditunjukan kepada Marquez mulai dari gambar nasi goreng hingga pemandangan cantik di Sirkuit Mandalika. Semua diingat dengan baik oleh sang pebalap.

Untuk gambar nasi goreng, Marquez mengaku bahwa itu merupakan makanan kesukannya.

“Ini jelas salah satu makanan favorit saya di Indonesia, nasi goreng. Tapi tolong jangan terlalu pedas,” ucap Marquez sembari tersenyum.

Soal foto Sirkit Mandalika, Marquez jelas khatam. Ia menyebutnya dengan mudah, tapi sambil menyelipkan sedikit cerita kurang menyenangkan soal penampilannya disana.

“Ini tempat yang luar biasa, sirkuit yang luar biasa, Mandalika. Saya tidak memiliki memori yang bagus karena saya mengalami kecelakaan hebat tetapi tahun ini akan berbeda,” ia melanjutkan.

Momen tes pengetahuan ini dibuat Repsol Honda mengingat bahwa Sirkuit Mandalika akan kembali mereka sambangi, tepatnya dalam seri ke-16 di musim 2023. Balapan di Mandalika rencananya akan digelar pada 13-15 Oktober.

Performa Marc Marquez sendiri hingga menjelang paruh musim 2023 masih terbilang payah. Pebalap 30 tahun itu terpuruk akibat sering mengalami kecelakaan.

Dari delapan seri yang telah berlangsung, Marquez total terlibat dalam 14 kecelakaan. Rentetan kecelakaan ini juga membuat pengoleksi delapan gelar juara dunia ini masih tertahan di posisi ke-19 dengan 15 poin, jumlah itu selisih 179 poin dari milik Francesco Bagnaia yang bertengger di posisi puncak.