LeBron James Favorit MVP: Adakah Atlet Lain yang Tampil Sebagus Bintang Lakers di Usia 36?
LeBron James (Instagram @kingjames)

Bagikan:

JAKARTA - LeBron James berusia 36 tahun pada 30 Desember 2020, dan dia menjalani musim 2020/21 yang luar biasa di NBA. Bintang LA Lakers itu bahkan dianggap banyak orang sebagai favorit untuk penghargaan MVP musim ini. 

Pelatih Philadelphia 76ers, Doc Rivers mengatakan, dia belum pernah melihat seorang pemain tampil makin bagus setelah usia 35 tahun. Tetapi itulah yang tampaknya dilakukan James saat dia berada di jalur yang benar. Dia menjadi pemain pertama yang memiliki rata-rata 25 poin, tujuh rebound, dan tujuh assist saat bermain kurang dari 33 menit per gim. 

Tapi, faktanya, jika kita lihat atlet dari cabang olahraga lain, ada beberapa pemain hebat yang telah mencapai hal-hal luar biasa pada usia seperti James. Dikutip dari MARCA, Kamis, 28 Januari, berikut adalah beberapa di antaranya.

Tom Brady

Quarterback NFL ini memenangkan trofi ketiga dari enam trofi Super Bowl-nya ketika dia berusia 36. Sekarang, pada usia 43, dia bertekad untuk memenangkan trofi ketujuhnya melawan Kansas City Chiefs dalam waktu dua pekan. 

Cristiano Ronaldo 

Ronaldo akan berusia 36 tahun pada 5 Februari dan masih menjadi pencetak gol yang andal, memimpin jalan dalam serangan Juventus.

Roger Federer

Sekarang berusia 39 tahun, Federer masih terus melaju. Saat berusia 36 tahun, dia memenangkan Australia Terbuka dan Wimbledon. Sejak itu, dia bahkan mampu memenangkan Australia Terbuka lagi.

Serena Williams 

Seperti Federer, Williams masih bermain pada usia 39 tahun. Grand slam terbarunya dimenangkan ketika dia berusia 36 tahun, yakni gelar Australia Terbuka.

Tiger Woods 

Usia 36 tahun bukanlah masa terbaik Woods. Tapi, sejak saat itu, ia melakukan comeback dan masih menjadi salah satu pegolf top dunia pada usia 45. 

Kariem Abdul-Jabbar

Pemain NBA yang sukses di usia tua adalah Abdul-Jabbar. Ia memenangkan tiga cincin, satu MVP Final dan enam perjalanan All-Star di atas usia 36 tahun.

Michael Schumacher 

Saat berusia 36 tahun, Schumacher berkompetisi di musim terakhir F1 bersama Ferrari. Dia kemudian kembali, meskipun, dengan Mercedes.

Valentino Rossi 

Ketika dia berusia 36 tahun, ​​Rossi menjadi runner-up di kejuaraan dunia MotoGP. 

Floyd Mayweather 

Pada usia itu, Mayweather melawan Marcos Maidana dua kali dan meningkatkan rekornya dengan dua kemenangan lagi.

Wayne Gretzky 

Pemain hoki es sepanjang masa bermain hingga usia 38 tahun. Pada usia 36, ​​ia membawa New York Rangers ke final.