Bagikan:

YOGYAKARTA – Kronologi batalnya World Beach Games 2023 di Bali jadi salah satu hal yang dipertanyakan. Padahal, Pulau Dewata telah ditunjuk jadi tuan rumah even olahraga internasional tersebut. Sayangnya Komiter Olimpiade Indonesia (KOI) terpaksa mundur sebagai tuan rumah.

Asoasiasi Komite Olimpiade Nasional atau Association of National Olympic Committees (ANOC) sendiri mengumumkan penarikan diri Bali pada Selasa, 4 Juli 2023. Mereka mengatakan bahwa keputusan yang diambil adalah mendadak dan mengecewakan.  "Dengan sangat terkejut dan sangat kecewa, ANOC mengetahui bahwa Komite Olimpiade Indonesia (KOI) telah menarik diri dari komitmennya untuk menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games dan Sidang Umum ANOC pada bulan Agustus 2023," demikian bunyi keterangan resmi ANOC.

Kronologi Batalnya World Beach Games 2023 di Bali

Seperti diketahui, ANOC World Beach Games (AWBG) adalah salah satu kompetisi olahraga multicabang yang terbesar di Indonesia. Ada berbagai macam cabang olahraga Anoc World Beach Games yang dimainkan di pantai.

Kompetisi AWBG pertama kali digelar di Doha, Qatar, tahun 2019. Sedangkan tahun ini adalah edisi AWBG kedua yang rencananya digelar di Bali pada tanggal 5 hingga 12 Agustus 2023. Kepastian Bali sebagai tuan rumah AWBG diumumkan oleh Ketua Interim ANOC, Robin Mitchell, pada tanggal 10 Juni lalu.

Setelah Bali diumumkan sebagai tuan rumah AWBG, muncul sorotan yang menarik perhatian masyarakat salah satunya adalah terkait keikutsertaan atlet Israel dalam AWBG 2023 Bali. Salah satu atlet Israel yang dipastikan lolos dari World Beach Games 2023 adalah Eva Fabian yang merupakan atlet olahraga putri Open Water Swimming nomor 5 Km.

Seperti diketahui, penolakan masyarakat terhadap atlet Israel memang sempat ramai diperbincangkan, bahkan sebelum acara AWBG. Penolakan itu muncul saat Indonesia batal jadi tuan rumah bagi Piala Dunia U20 2023.

Salah satu penolakan juga disuarakan oleh Gubernur Bali, Wayan Koster. Ia mengatakan bahwa penolakannya atas Israel didasarkan pada Konstitusi Republik Indonesia dan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu).

Meski demikian, dalam AWBG dipastikan bahwa tidak ada nama Israel dalam ajang World Beach Games 2023. Hal itu juga disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo pada 27 April lalu.

“Tidak ada masalah, Komite Olimpiade sudah merilis negara yang ikut pada 27 April. Saya tidak melihat nama Israel." kata Dito Ariotedjo.

Sayangnya menjelang satu bulan sebelum pelaksanaan AWBG 2023, ANOC secara mengejutkan mengumumkan bahwa Bali mundur sebagai tuan rumah AWBC. Alasan batalnya World Beach Games 2023 di Bali adalah lantaran anggaran dari Pemerintah yang tak cair. ANOC juga mengaku sangat kecewa karena dengan jadwal penyelenggaraan yang sebentar lagi, yakni satu bulan, dinilai sulit mencari pengganti tuan rumah AWBC 2023 yang baru.

Itulah informasi terkait kronologi batalnya World Beach Games 2023 di Bali. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.