ANOC World Beach Games 2023 Tetap Berjalan Sesuai Rencana
Menpora Dito Ariotedjo (tengah) bersama Gubernur Bali I Wayan Koster (kiri) dan Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto: Dok. Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan penyelenggaraan ANOC World Beach Games 2023 di Bali tetap berjalan sesuai agenda.

Dito memastikan hal itu setelah berdiskusi langsung dengan Gubernur Bali I Wayan Koster di Denpasar, Bali, Jumat 14 April 2023. Koster telah mendukung penuh pelaksanaan ajang multi-olahraga internasional itu.

”Hasil diskusi membawa keberkahan, ada satu pertemuan dan kesepakatan bahwa Pemerintah Provinsi Bali dan Gubernur Bali seribu persen mendukung penyelenggaraan World Beach Games 2023,” kata Menpora dilansir situs Kemenpora.

World Beach Games edisi kedua sebelumnya dalam ancaman batal digelar karena ada kontingen Israel. Itu setelah Indonesia dicoret FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 karena persoalan yang sama.

Kekhawatiran itu membuat Dito mendorong komunikasi yang intens dengan Koster. Satu langkah yang dilakukan adalah memediasi Koster dengan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari secara langsung.

"Alhamdulillah pada suasana Ramadan ini kita menjalin silaturahmi dan bisa mencapai hasil-hasil yang jadi satu titik temu yaitu kesepakatan tentang ini," ujar Menpora.

Sementara itu, Gubernur Bali I Wayan Koster menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan World Beach Games 2023. Dia berharap penyelenggaraan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai konstitusi.

"Baru saja kami berdiskusi bersama Pak Menpora dan Pak Okto (Ketum KOI). Kami membicarakan agar bagaimana World Beach Games ini berjalan dengan baik dan segi tata kelola berjalan dengan lancar," kata Koster.

"Oleh karena itu, sudah ada kesepakatan Bali tuan rumah maka Pemprov Bali dan saya tentunya, saya akan memberi dukungan penuh agar acara ini berjalan lancar dan sukses. Intinya World Beach Games sesuai amanat konstitusi,” imbuh dia.