Saat Messi Menolak Main Lawan Indonesia, Cristiano Ronaldo Justru Cetak Sejarah
Pemain timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. (Foto:Instagram/@cristiano)

Bagikan:

JAKARTA - Cristiano Ronaldo mencatatkan rekor bersejarah saat tampil membela Portugal di kualifikasi Euro 2024. Dalam laga Rabu, 21 Juni dini hari WIB itu, Ronaldo terhitung telah tampil sebanyak 200 kali untuk Selecao. 

Dikutip dari laman resmi UEFA, Ronaldo menjadi starter sekaligus kapten saat Portugal menghadapi Islandia di Stadion Laugardalsvollur, Reykjavik, Islandia.

Sebelum laga berlangsung bahkan dilakukan proses penyerahan penghargaan untuk sang bintang. Di mana ia dinobatkan menjadi pemain yang sukses mencetak 200 caps timnas.

Ronaldo pertama kali memulai kariernya bersama timnas Portugal pada usia 18 tahun. Tanggal 20 Agustus 2003 jadi debut sang pemain dan Portugal sukses menang 1-0 atas Kazakhstan.

Di momen itu Ronaldo masuk sebagai pemain pengganti Luis Figo di paruh pertandingan. Kemudian Ronaldo kembali dipanggil memperkuat Portugal di Euro 2004 dan mencetak gol perdananya saat mereka kalah 1-2 dari Yunani.

Dengan catatan 200 kali penampilan membela Selecao, Ronaldo juga telah menyumbang 122 gol untuk tim negaranya. Catatan penampilan itu juga membuat ia berada di posisi teratas untuk pemain yang paling banyak membela timnas.

Sementara di posisi kedua atau di bawah Ronaldo ada pemain Kuwait, Bader Al Mutawa yang mencatatkan 196 pertandingan sejak 4 September 2003 hingga 14 Juni 2022. Setelah itu ada pemain Malaysia, Soh Chin Ann yang menorehkan 195 caps bersama Harimau Malaya sejak 19 November 1969 hingga 18 Oktober 1984.

Meski telah mencatatkan rekor 200 caps tapi peluang Ronaldo untuk terus menambah daftar hadirnya masih terbuka lebar. Apalagi di usia 38 tahun ia masih dipercaya menjadi pemain andalan tim.