'Perang' Menuju KOI 1 Dimulai! Oegroseno Menantang Sang Petahana Raja Okto
Tim penjaringan Ketua Umum KOI atau NOC Indonesia. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pertarungan untuk menduduki kursi Ketua Umum Komite Olimpiade (KOI) atau NOC Indonesia telah dimulai. Ada dua calon yang akan bersaing, yakni petahana Raja Sapta Oktohari dan sang penantang Oegroseno.

Raja Okto berpasangan dengan Masagoes Ismail Ning sebagai bakal calon wakil ketua umum. Sementara Oegroseno mendaftar dengan bakal calon wakil ketua Djoko Pekik.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Ngatino mengatakan, keduanya telah menyerahkan berkas pendaftaran sebagai bakal calon ketua umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia periode 2023-2027.

Selanjutnya, tim penjaringan akan melakukan proses verifikasi sebelum akhirnya menetapkan calon untuk dipilih pada Kongres NOC Indonesia di Hotel Fairmont, Jakarta pada 30 Juni.

"Kami memiliki waktu untuk mengidentifikasi dokumen secara detail. Apakah sudah sesuai dengan persyaratan, misalnya rekomendasi dari cabang olahraga yang telah ditetapkan serta syarat-syarat lain, seperti untuk komite eksekutif pernah menjabat 10 tahun," kata Ngatino dalam keterangan tertulis.

Setelah melalui proses verifikasi, Tim Penjaring akan menginformasikan kekurangan-kekurangan dokumen yang harus dipenuhi. Ngatino menjelaskan berdasarkan pemeriksaan singkat terdapat beberapa persyaratan bakal calon yang belum lengkap.

"Paling lama pada 20 Juni kami sudah selesai verifikasi. Selanjutnya akan kami informasikan kepada bakal calon yang telah mendaftar. Target kami pada 24 Juni harus sudah final dan hasil itu akan kami bawa ke kongres," ujar Ngatino, seperti dikutip dari Antara.

Pria yang juga menjabat sebagai ketua umum Pengurus Pusat Kickboxing Indonesia (PP KBI) itu menjelaskan, mungkin ada beberapa pandangan yang menyebut Tim Penjaring ingin mempersulit. Namun, dia menegaskan tim bekerja berdasarkan aturan yang ada.

"Kalau paham dari awal ya tentu kami tidak mau mempersulit. Semua persyaratan kan sudah ada tertulis di AD/ART dan Peraturan Organisasi. Kami bekerja berdasarkan aturan tersebut," katanya.

Berikut daftar nama yang mendaftar sebagai bakal calon ketua-wakil ketua umum, komite eksekutif dan dewan etik NOC Indonesia periode 2023-2027:

I. Bakal calon ketua umum - wakil ketua umum

1. Raja Sapta Oktohari - Ismail Ning

2. Oegroseno - Djoko Pekik

II. Bakal calon komite eksekutif

1. Achmad Arsani

2. Adi Wirawan

3. Akbar Nasution

4. Andhi Irawan

5. Anthony Musa

6. Bustami Zainudin

7. Endri Setiawan

8. George Fernando

9. Harry Warganegara

10. Hengky Silatang

11. Hifni Hasan

12. Jadi Rajagukguk

13. Josephine Tampubolon

14. Krisna Bayu

15. Lukman Husain

16. Puji Lestari

17. Rafiq Hakim Radinal

18. Sunarno

19. Suryo Agung Wibowo

20. Susan Soebakti

21. Teuku Arlan Perkasa Lukman

22. Wisnu Wardhana

23. Yudha Ramon

24. Zaenal Asikin

III. Bakal calon dewan etik

1. Anthony Charles Sunarjo

2. Raja Parlindungan Pane

3. Benny Erwin

4. Ngatino

5. Bambang Rus Effendi

6. Saiful Ihsan

7. Othniel Mamahit